WARTA JANTIXIXII
SPACE IKLAN
Sila layangkan ke mail@jantixixii.com

Pemerintahan

Olah Raga

Kuliner

Seni dan Budaya

Kecintaan warga Janti pada seni dan budaya tak diragukan lagi. Sebagai masyarakat yang masih menjunjung tinggi kearifan lokal, maka tradisi berkesenian pun berkebudayaan tetap menjadi bahan layak uji. Karena masih menjadi bagian dari tlatah Ngayogyakarta Hadiningrat, sudah barang tentu kesenian dan kebudayaan yang ada di pedukuhan Janti bakal kental dengan nuansa budaya Jawa.

Dan tak bisa dielakkan lagi bahwa potensi seni budaya tersebut juga merupakan hasil dari cipta, rasa, serta karsa masyarakat di pedukuhan Janti yang sudah mengakar dalam kehidupan sehari-hari, dimana tak jarang hal itu juga dijunjung tinggi sebagai wahana penegakan norma-norma kehidupan yang luhur. Tradisi pun budaya gotong-royong adalah satu contoh realnya.

Karena kesadaran akan makna seni dan budaya yang merupakan sebuah identitas, maka sebagian warga Janti tetap setia 'nguri-uri' seni dan budaya tersebut. Hal ini tak bisa lepas dari cara pandang bahwa kemajuan seni dan budaya akan membawa pengaruh yang positif, baik pada sisi usaha pelestarian dan pengembangan seni budaya itu sendiri ataupun bagi masyarakat pendukungnya, baik di wilayah sosial,  bahkan ekonomi.

Sanggar Tari Ngrenas adalah satu dari jenis pelestarian seni dan budaya di wilayah Pedukuhan Janti. Sanggar tari tersebut terbentuk secara swadaya, swakarsa, dan swasembada dibawah asuhan Bapak Sunarto yang sekaligus berprofesi sebagai Guru Tari di SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) Yogyakarta.

Selain sanggar tari, masih ditempat yang sama juga terdapat Paguyuban kesenian Jathilan bernama Bekso Kyai Janti. Ini adalah sebentuk kesenian jathilan atau kuda lumping a.k.a kuda kepang yang ada di wilayah pedukuhan Janti.

Pelaku kesenian Jathilan digawangi oleh putra-putri -asli- daerah Janti, baik Janti Lor ataupun Janti Kidul. Namun juga tetap membuka kesempatan warga desa lain yang berkeinginan untuk ikut bergabung “nguri-uri” kesenian jathilan tersebut. [uth]

 
Copyright © 2010- | Berita dan Budaya | Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta
About | Contact | History | Sitemap | Home