WARTA JANTIXIXII
SPACE IKLAN
Sila layangkan ke mail@jantixixii.com

Pemerintahan

Olah Raga

Kuliner

Sekolah

Sekolah - Pembangunan bidang pendidikan merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas penduduk utamanya pada segi sumber daya manusia. Guna menunjang keberlangsungan bidang pendidikan tersebut, maka prasarana pendidikan juga tersedia di wilayah Pedukuhan Janti.

Sekolah Dasar Negeri yang ada di wilayah Ibukota Kecamatan Nanggulan salah satunya ada di wilayah Pedukuhan Janti, tepatnya Janti Kidul XII.
Ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan berupa SD Negeri tersebut sejatinya telah berpuluh tahun adanya. Dan tak jarang SD Negeri yang ada diwilayah Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta ini juga mampu mencetak bibit-bibit unggul lantaran telah berulangkali mampu mempersembahkan prestasi.

Meski keberadaannya di wilayah Pedukuhan janti, namun bukan berarti Sekolah Dasar Negeri ini hanya menampung siswa yang berasal dari Janti saja, lain dari itu ada banyak siswa yang berasal dari kampung selain Janti. Sebut saja dari Pedukuhan Krinjing Jethis (Wijimulyo), Temanggal (Wijimulyo), Banjarjo (TanjungHarjo), dan lain sebagainya.

Selain SD, sarana umum yang diakomodasikan guna menunjang bidang pendidikan, sebenarnya dahulu  ada juga sebuah SMA yang cukup terkenal, namanya SMA Marsudiluhur II Nanggulan. Yaitu Sekolah Menengah Atas (SMU pada saat sekarang ini) yang berada dibawah yayasan Marsudiluhur.

Perlu diketahui juga bahwa dahulu selain ada SMA Marsudiluhur, di wilayah Ibukota Kecamatan Nanggulan ada pula SMA Sanjaya yang berdiri di komplek Gereja Katolik, Karang. Sementara sebagai Sekolah Kejuruan ada SMEA Taman Siswa di sebelah timur kantor Kecamatan Nanggulan. Nah, sampai saat ini hanya tinggal SMEA Taman Siswa inilah yang masih melakukan keberlangsungan dalam kegiatan belajar-mengajar.

SMA Marsudiluhur yang berdiri di Pedukuhan Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo, mencapai kejayaan adalah pada era 80an, dimana kegiatan belajar mengajar sampai di lakukan bergiliran dari pagi hingga sore hari. Hal itu dikarenakan gedung yang tersedia tidak sebanding dengan volume siswa yang bersekolah di SMA Marsudiluhur saat itu.

Sejatinya cukup lama SMA Marsudiluhur II Nanggulan ini mencapai kejayaan, namun sayangnya pada sekitar tahun 1995 Sekolah Menengah Atas ini harus menutup kegiatan belajar-mengajarnya.

Masih menyangkut sarana umum yang berhubungan pada wilayah pendidikan non-formal, di wilayah Janti, tepatnya di kediaman Bapak Sunarto (pedukuhan janti Lor XI), ada juga tempat yang disediakan guna menimba ilmu.

Ya, di kediaman Bapak Sunarto ini disediakan tempat guna menimba ilmu seni, khususnya Seni tari. Di tempat ini didirikan sanggar tari Ngrenas atas bimbingan Bapak Sunarto -yang juga berprofesi sebagai pengajar seni tari di SMKI Jogjakarta- . Selain itu di tempat ini pulalah base-camp dari paguyuban Seni tari jathilan Bekso Kyai Janti, dan latihannyapun juga dilakukan di sini. [uth]

 
Copyright © 2010- | Berita dan Budaya | Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta
About | Contact | History | Sitemap | Home