WARTA JANTIXIXII

Pemerintahan

Olah Raga

Kuliner

Profile

Janti adalah nama kampung yang memiliki profile terdiri dari dua pedukuhan, yaitu Janti Lor dan juga Janti Kidul. Oleh karenanya ada dua kepala kampung -yang disebut Dukuh- sebagai pemimpin di pedukuhan Janti ini. Janti Lor juga disebut sebagai Janti XI (Janti Sebelas), sementara Janti Kidul juga dikenal dengan istilah Janti XII (Janti Duabelas). Keduanya adalah bagian dari 12 pedukuhan yang ada di wilayah Kelurahan Jatisarono, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pada periode kali ini Pedukuhan Janti Lor XI dipimpin oleh Bapak Dukuh Muh Basri, sementara Pedukuhan Janti Kidul XII dipimpin oleh Bapak Dukuh Dul Taqim.
Batas pedukuhan Janti, di sebelah utara adalah pedukuhan Nanggulan X, sebelah Selatan adalah pedukuhan Temanggal -Kelurahan Wijimulyo-. Bagian sebelah barat dibatasi oleh aliran sungai -Kali Sepuri- yang sekaligus menjadi batas dengan wilayah kelurahan TanjungHarjo, sementara batas sebelah timur adalah pedukuhan Krinjing Jethis -Desa Wijimulyo-

Perlu diketahui bahwa hanya berselang satu pedukuhan -Krinjing Jethis- inilah, maka disebelah timurnya sudah masuk wilayah Kecamatan Moyudan bagian dari Kabupaten Sleman. Tentu dibatasi oleh Kali Progo. Nah dari sinilah ada yang menengarai bahwa sejatinya nama "Kulon Progo" itu berasal dari daerah Nanggulan ini, lantaran sampai dengan saat inipun daerah Sejati, Sumberarum, Moyudan, Sleman oleh sebagian warga masih sering dikatakan sebagai "Wetan Progo"

Wilayah pedukuhan Janti -Kelurahan Jatisarono- memiliki ketinggian antara 0 85 m dpl (diatas permukaan laut), dengan keadaan suhu yang bervariasi. Adakalanya ketika tiba musim dingin (mangsa bedhidhing) suhu bisa mencapai 17oC , akan tetapi ketika panas menyengat suhu mampu menembus angka 33oC bahkan 38oC.  

Selain terdiri dari dua pedukuhan, wilayah administratif Janti juga terbagi menjadi 12 RT dan 4 RW. Sebanyak 6 RT dan 2 RW ada diwilayah pedukuhan XI Janti Lor, begitu pula sebaliknya, sejumlah 2 RW serta 6 RT juga ada di wilayah Pedukuhan XII Janti Kidul. 

Area pertanahan yang ada di wilayah Pedukuhan Janti, selain dimanfaatkan sebagai tempat pemukiman, sebagian juga digunakan sebagai tempat industri, lahan perkebunan, lahan peternakan, serta lahan persawahan.

Prasarana perhubungan diwilayah pedukuhan Janti bisa dikatakan sangat baik, aspalisasi telah lama diterapkan. Sepanjang kuranglebih 2 km juga dilalui prasarana perhubungan berupa jalan propinsi, sementara bagian lainnya adalah jalan kampung, serta jalan setapak. Oleh karenanya wilayah pedukuhan Janti, baik Janti Lor maupun Janti Kidul seluruhnya dapat dijangkau dengan menggunakan sarana trasportasi darat.

Keadaan penduduk di Pedukuhan Janti sangat berragam, baik menyangkut profesi pun keyaqinan. Ada yang muslim, nasrani, pun kepercayaan lainnya. Ada yang berprofesi sebagai petani, Guru, Pegawai swasta, Pegawai Negeri, hingga pelaku wirausaha. Bermacam profesi pun keyaqinan itu secara otomatis menunjukkan mobilitas tinggi, dimana  mobilitas tinggi ini juga tak bisa terlepas dari struktur jumlah penduduk yang didominasi oleh kelompok usia produktif.

Tentu masih ada banyak hal lain mengenai pedukuhan Janti baik Janti 11 ataupun Janti 12. Misalnya adanya sarana dan prasarana yang menyangkut tentang sarana umum, kebudayaan pun kesenian, dan tak ketinggalan tempat peribadatan. Hanya saja untuk menyimak bagian-bagian sebagaimana tersebut diatas, silahkan periksa juga halaman lain masih di situs jantixixii.com ini. [uth]

 
Copyright © 2010- | MURAKABIVOLQAmedia | Berita dan Budaya | Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta
About | Contact | History | Sitemap | Home