WARTA JANTIXIXII
SPACE IKLAN
Sila layangkan ke mail@jantixixii.com

Pemerintahan

Olah Raga

Kuliner

Kuliner

Selain handycraft sebenarnya masih ada banyak industri kecil yang ada di pedukuhan Janti, diantaranya adalah industri yang bergerak dalam bidang kuliner.

Makan adalah kebutuhan pokok yang tak bisa ditinggalkan selamat hayat masih dikandung badan, oleh karena faktor tersebutlah banyak yang mengambil peluang dalam industri yang berhubungan dengan makanan ini. Memang kebanyakan yang menggawangi industri kuliner di Janti, Jatisarono, Nanggulan, KulonProgo ini adalah kaum perempuan, akan tetapi bukan berarti kaum laki-laki menjadi tak ada yang menggelutinya.

Industri kuliner itu misalnya adalah pembuatan tempe yang di geluti oleh Simbah Kliwon yang ada di Janti Lor XI. Sudah beberapa tahun lamanya industri ini melakukan produksi tanpa kenal keadaan harga kedelai yang acapkali dipermainkan pasar. Selain sebagai bahan mencari nafkah bagi Mbah Kliwon, industri tempe kedelai ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar yang tak jarang juga mengonsumsinya.

Sri Pamudji adalah sosok perempuan yang beberapa tahun belakangan ini juga menjalani usaha dengan melayani para pelanggan makanan kecil. Memang usahanya belum sebesar usaha catering nasi, namun usaha kuliner yang dijalani Sri Pamudji ini juga sangat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar yang berkepentingan menggunakan jasanya.

Selain home industri sebagaimana tersebut di atas, masih banyak sekali para penggerak industri kuliner ini. Mereka secara umum juga bisa dikatakan sebagai pelaku pasar penggerak perekonomian desa. Ada Soto Mbok Awik yang beroperasi dari pagi hingga malam hari, ada soto ndog Mas Budi di Janti Lor XI, warung makan Mas Suhar disebelah timur jembatan Janti samping Toko Swalayan Adam, tepatnya berseberangan dengan warung sate Madura. Warung mie ayam-bakso dan juga angkringan (di malam hari) ada di beberapa tempat masih di lingkungan pedukuhan Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo.

Selain yang sudah tersebut di atas, sejatinya masih sangat banyak usaha kuliner yang ada di lingkungan Janti. Hanya saja mohon maaf lantaran saat ini kami belum bisa menuliskannya satu persatu disini. Semoga pada lain kesempatan -dalam kolom 'Berita'- kami secara bertahap mampu mengulasnya. [uth]
 
Copyright © 2010- | Berita dan Budaya | Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta
About | Contact | History | Sitemap | Home