WARTA JANTIXIXII
SPACE IKLAN
Sila layangkan ke mail@jantixixii.com

Pemerintahan

Olah Raga

Kuliner

Bengkel

Daerah Istimewa Yogyakarta dulunya adalah kota sepeda, namun seiring perkembangan jaman pada akhirnya di masa kini Jogja menjadi bagian kota yang ramai dengan sepeda motor.

Demikian juga dengan pedukuhan Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo. Keberadaan sepeda bisa jadi limabelas tahun yang lalu menjadi barang mewah, akan tetapi untuk saat ini justru keberadaan sepedamotor hampir ada adan dimiliki oleh sebaian warganya.

Ya, hal ini bisa jadi dikatakan sebagai kemajuan, walaupun di sisi lain ada efek yang disebabkan oleh kemajuan itu sendiri. Misalnya adanya polusi sebagai wujud kurang ramahnya terhadap lingkungan. Akan tetapi hal yang memang butuh dilihat adalah apabila tak memiliki kendaraan -sepedamotor- maka adakalanya bakal merasa kesulitan ketika harus bepergian, lantaran sarana angkutan umum memang masih minim keberadaannya.

Memang secara umum kondisi jalan di wilayah pedukuhan Janti dan juga yang menghubungkannya telah mudah dilalui kendaraan, akan tetapi pelaku bisnis jasa angkutan umum masih belum bisa maksimal dalam menjalani usahanya. Oleh karenanya hanya pada waktu-waktu tertentu saja sarana kendaraan umum itu beroperasi. Dan disinilah warga masyarakat menemui kendala, karena tak bisa setiap waktu bepergian dengan memanfaatkan jasa angkutan umum.

Dengan adanya banyak kendaraan, baik itu sepeda, sepedamotor, ataupun mobil, maka yang dibutuhkan selanjutnya tentu saja adalah keberadaan bengkel guna melayani warga yang sedang mengalami kendala dengan kendaraanya.

Pedukuhan Janti sebenarnya termasuk bagian dari pelopor keberadaan bengkel di wilayah Nanggulan. Hal ini terbukti telah berpuluh tahun lamanya berdiri bengkel di lingkungan Janti.

Dan untuk waktu belakangan ini, tetap masih banyak merebak bengkel di sini, baik di Janti Lor maupun di Janti Kidul. [uth]

 
Copyright © 2010- | Berita dan Budaya | Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta
About | Contact | History | Sitemap | Home