Pelantikan PS Joko Parikenan sebagai Kepala Desa Jatisarono

Bertempat di Aula Adikarto (Gedung Kaca), Wates, Kulo Progo, pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2015 sebanyak 35 kepala desa dilantik oleh  Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo.  Mereka yang dilantik ini adal;ah kepala desa terpilih pada saat diadakan pilkades serentak pada tanggal 20 bulan September 2015 lalu, yang satu di antaranya adalah PS Joko Parikenan, putra pedukuhan Janti Kidul XII sebagai kepala Desa Jatisarono. Dengan demikian, masa jabatan kepala desa ini adalah enam tahun tertanggal dilantiknya tersebut.

Selain dihadiri pihak kades terpilih beserta keluarga dan pamong desa bersangkutan, acaraa pelantikan itu dihadiri pula oleh Forkorpimda, Camat, dan Kepala SKPD terkait.

[Baca juga: PS Jaka Parikenan: Kepala Desa Jatisarono Terpilih Periode 2015 - 2021]

Dalam sambutannya dr. Hasto Wardoyo menyampaikan selamat kepada semua pihak yang telah mensukseskan proses pilkades, dan juga ucapan terimakasih kepada mantan kades yang telah mengabdi dan berpartisipasi dalam pembangunan desa.

Pilkades serentak di 35 desa se-Kabupaten Kulon Progo tersebut adalah pilkades pertama yang dilaksanakan berdasar UU No. 6 tahun 2014 tentang desa. Dengan total calon kades sebanyak 117 di 35 kursi.  Pada akhirnya dari 35 kursi tersebut, sebanyak 12 orang adalah mantan kades, 2 orang adalah anggota BPD, 2 orang adlaah perangkat desa, 2 orang lagi merupakan PNS, sedangkan dari tokoh masyarakat berjumlah 17 orang.  


PS Joko Parikenan

PS Joko Parikenan sebagai kepala desa terpilih di wilayah desa Jatisarono kecamatan Nanggulan ini adalah putra Janti yang pendidikannya pun dimulai dari pedukuhan setempat, yaitu TK dan kemudian SDN Nanggulan II. 

Sebelum melanjutkan ke pendidikan jenjang tinggi di Universitas Sanaat Dharma Yogyakarta, beliau juga sempat mengenyam pendidikan di Seminari. Namun pada akhirnya tetap teguh untuk kembali ke kampung halaman, membangun desa tanah kelahirannya.

Kini, setelah menjabat sebagai kepala desa, beliau tentu memiliki tanggungjawab yang tak enteng. Karena musti mengemban amanat terhadap warga, dan melangkah berdasar aturan yang telah ditetapkan sebagaimana tercantum dalam UU no 6 tahun 2014 tentang Desa.

Sehubungan dengan Undang-undnag yang di dalamnya berisi menegnai tata kelola keuangan desa, maka seiring era modernisasi ini dituntut pula untuk melakukan peningkatan kapasitas dan kemampuan SDM dalam hal tata kelola dan administrasi keuangan serta IT.    Hal ini dilakukan kepala desa itu tak lain demi kelancaran sendiri dan bersama, khususnya demi menghindari salah-pengelolaan.   Training peningkatan kapasitas perangkat desa harus diselenggarakan.

Selamat atas pelantikan ini, selanjutnya diharapkan Bapak Paulus Sosiandaru Joko Parikenan bisa meningkatkan taraf hidup warga Jatisarono, melanjutkan program sebelumnya dan membuat gebrakan baru, serta mampu berkoordinasi dengan perangkat desa terkait, maupun dengan kepala desa dan jajaran perangkat desa di lingkungan Kulon Progo lainnya. [xixii]


PS Joko Parikenan sebagai kepala desa terpilih desa Jatisarono Nanggulan adalah putra Janti yang pendidikannya pun dimulai dari pedukuhan setempat, yaitu TK dan kemudian SDN Nanggulan II

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.