Gelar Budaya Sanggar Tari Ngrenas dan Jathilan Bekso Kyai Janti -Nanggulan Kulon Progo

PAGUYUBAN JATHILAN Bekso Kyai Janti  dan Sanggar Ngrenas yang base-camp serta sekretariatnya beralamat di pedukuhan Janti, desa Jatisarono, kecamatan Nanggulan, kabupaten Kulon Progo berkesempatan mementaskan kesenin tari dan juga jathilan alias kuda kepang.

*Jathilan Putri Bekso Kyai Janti
Karena bertempat di sekretariat, maka acara ini tentu dihadirkan kepada masyarakat sekitar dan juga untuk mempersembahkan yang terbaik kepada warga pecinta seni, baik yang ada di lingkungan pedukuhan Janti ataupun lingkup yang lebih luas darinya. Mendapat dukungan dari pemerintah daerah kabupaten Kulon Progo melalui dinas kebudayaannya, acara ini berhasil dihelat tanpa kendala suatu apa. Bahkan yang sejatinya telah masu musim hujan, namun kali ini juga tak ada air hujan yang mengguyur dan membubarkan penonton.

Gambar: pic.ikanmasteri.com
Dihelat pada hari Minggu tanggal 15 November 2015, pentas gelar budaya kesenian tari jathilan berhasil menyajikan budaya terbaik kepada masyarakat. Terbukti dengan membanjirnya khalayak dalam menikmati pentas seni ini. Dari dimulainya acara hingga selesai jelang Maghrib, lebih dari 1000 penonton hilir-mudik menyaksikan beberapa atraksi pertunjukan yang dipersembahkan oleh putra-putri sanggar Ngrenas dan juga paguyuban jathilan BKJ.

Dalam penampilannya, bahkan wiyaga dan para pengrawit, alias penabuh gamelan dan alat musik, juga tampak kompak. Bukan saja kompaknya seragam pakaian yang mereka kenakan, namun juga kompaknya dalam menabuh alat musik hingga tercipta harmoni. [xixii]

*Pengrawit Jathilan BKJ

*) Credit Photo: Yoga Pratama



Karena bertempat di sekretariat, maka acara ini tentu dihadirkan kepada masyarakat sekitar dan juga untuk mempersembahkan yang terbaik kepada warga pecinta seni, baik yang ada di lingkungan pedukuhan Janti ataupun lingkup yang lebih luas

This is the most recent post.
Older Post

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.