Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70 di Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo

17 AGUSTUS sebagai hari kemerdekaan Indonesia, hari terbebasnya Indonesia dari cengkraman penjajahan. Dalam memperingati hari kemenangan tersebut berbagai kalangan masyarakat di seluruh pelosok nusantara juga merayakannya dengan banyak cara, baik sekedar permainan, perlombaan ataupun gelaran pertunjukan. Semua ada demi keceriaan bersama.

Begitu pula dengan masyarakat di pedukuhan Janti, baik Janti Lor XI ataupun Janti Kidul XII, diinisiasi dan diprakarsai para pemuda yang tergabung dalam kelompok "Remaja Mekar" --dengan ketua panitia adalah saudara Tomi-- maka diadakan pula acara penyambutan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 tersebut.  Acara yang digelar Remaja Mekar antara lain adalah jalan sehat, lomba dan permainan, sementara penutupannya adalah pertunjukan orkes orgen tunggal.

Dengan persiapan yang telah dilakukan oleh para remaja, dipilihlah lokasi SDN Nanggulan II sebagai pusat acara dan kegiatan. Sehingga di tempat itu dibangun pula sebuah panggung sederhana sebagai spotnya.

Dimulai acara awal adalah pada hari Sabtu, tanggal 15 Agustus 2015 pukul 14.00 WIB. Yaitu dengan menggelar perlombaan bagi anak-anak, dari yang terkecil hingga usia Sekolah Dasar ataupun usia Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pada malam harinya kemudian para remaja panitia peringatan HUT RI tersebut berlanjut mempersiapkan acara esok hari Minggu 16 Agustus 2015, berupa kegiatan jalan sehat dengan peserta seluruh masyarakat Janti Lor dan Janti Kidul.
Rute jalan sehat itu sendiri adalah menjelajahi sepanjang jalan dari SDN II berputar menuju arah selatan dan menyusuri ruas-ruas jalan sepanjang wilayah Janti Kidul menuju arah Janti Lor, sampai dengan seputar lokasi pasar Nanggulan kemudian kembali ke selatan menyusuri jalan raya yang mengarah ke spot awal.

Usai acara tersebut, dan setelah beristirahat sejenak, maka dilanjutkan dengan acara perlombaan bagi ibu-ibu dan remaja. Hingga pada akhirnya sampai pada acara terakhir, yaitu hiburan organ tunggal. Di mana seiring digelarnya pertunjukan tersebut diumumkan pula beberapa pemenang perlombaan beserta pemberian hadiahnya. Berlaku sebagai MC alias pembawa acara adalah Diandi, Ari (Senthir), dan juga Ayu.

Puncak acara adalah pengumuman pemenang undian yang berhadiah sepeda. Dan yang jatuh sebagai pemenangnya adalah saudara Sidiq-Perot, warga Janti Lor XI yang sekaligus ketua pengurus paguyuban Jathilan Bekso Kyai Janti. [uth]



Gambar ilustrasi: facebook Singgih Janti Sell & Admin Jantixixii.Com


Puncak acara peringatan HUT KemRI 70 adalah pengumuman pemenang undian yang berhadiah sepeda. Dan yang jatuh sebagai pemenangnya adalah saudara Sidiq-Perot, warga Janti Lor XI

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.