Jathilan Bekso Kyai Janti Tampil pada Gelar Budaya wilayah Kecamatan Nanggulan

JATHILAN Beksa Kyai Janti menjadi salah satu paguyuban kesenian yang kembali diundang pihak pemerintahan, dalam rangka gelar budaya wilayah Nanggulan.   Tepatnya pada hari Minggu 26 Juli 2015, Paguyuban Beksa Kyai Janti tampil dalam acara gelar budaya yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, yang bekerjasama dengan pemerintah Desa Jatisarono.

Bertempat di pelataran depan pendopo kecamatan Nanggulan, berlangsung beberapa pertunjukan kesenian. Di mana setelah tampilnya kelompok campursari, siang itu langsung dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian jathilan yang ditampilkan kelompok jathilan Bekso Kyai Janti.

[Baca juga: Barongan dan rewo-rewo topeng jathilan]

Berbekal dana keistimewaan, maka diselenggarakan pula pagelaran seni di wilayah Kulon Prog, yang salah satunya berlokasi di wilayah Kecamatan Nanggulan. Sebagaimana terpaparkan pada halaman situs pemerintah kecamatan Nanggulan, pagelaran budaya ini dimaksudkan sebagai wujud hiburan masyarakat yang sekaligus menjadi ajang dalam memfasilitasi dan memberi ruang terhadap para pegiat seni.

Harapannya, dengan pagelaran kesenian ini berbagai lapisan masyarakat, khususnya pegiat seni, bisa semakin termotivasi untuk tetap menggiatkan dan memperkenalkan tradisi lokal yang penuh kearifan. Sehingga akan terus terpelihara dan jauh dari arah kepunahan. []

Sumber Rujukan:
[1] PENTAS BUDAYA DESA JATISARONO DAN DESA BANYUROTO; nanggulan.kulonprogokab.go.id, Diakses pada28 Juli 2015
[2] Gambar ilustrasi; nanggulan.kulonprogokab.go.id, Diakses pada28 Juli 2015




Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.