1 Syawal, Lebaran di Komplek Pemakaman Janti Nanggulan

Puasa Ramadan telah usai, dan 1 Syawal Idul Fitri telah resmi ditetapkan oleh pemerintah pada hari Senin 28 Juli 2014. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, perayaan Idul Fitri 1435 pada pagi hari pertama bulan Syawal (1 Syawal), beberapa warga juga bertandang ke makam leluhur mereka.

Komplek Pemakaman Janti Nanggulan
Komplek Pemakaman Janti
Idul Fitri tak lagi dipandang sebatas sebagai perayaan umat muslim, lantaran silaturahmi antara satu dengan lain warga memang juga sudah menjadi tradisi dalam berlebaran Idul Fitri. Siapapun saling berkunjung dan lalu bersalaman sebagai tanda perawatan tradisi silaturahmi sekaligus momen bermaaf-maafan. Baik itu sebagai ikatan satu saudara, satu handai taulan, tetangga, ataupun sebagai sesama manusia.

Lebih dari itu, tradisi bersilaturahmi juga dilakukan oleh sebagian warga terhadap para leluhur yang telah mendahuluinya. Yaitu dengan memperlihatkan geliat mereka bertandang ke area pekuburan Janti.

Sedari pagi bahkan juga malam hari, kompleks Masjid memang dipenuhi oleh umat muslim. Yaitu guna mengumandangkan kebesaran nama tuhan, takbir, dan juga menunaikan ibadah Sholat Ied. Sementara pada pagi itu pula, beberapa warga non muslim (nasrani -red) juga menjalankan ibadah di Gereja. Selepas sama-sama menjalankan ibadah, mereka juga menyempatkan diri pergi ke kompleks makam Janti, sehingga setiap pagi hari 1 Syawal keadaan makam pastilah sedikit ramai ketimbang pagi biasanya.

Kunjungan ke komplek pemakaman tersebut, selain sebagai simbul silaturahmi terhadap para saudara leluhur yang telah mendahului, juga dimaksudkan sebagai niat berbagi. Tak lain adalah berbagi kesenangan, yaitu berujud ziarah serta mengirimkan doa.

Tak pelak setiap warga yang berada di komplek pemakaman juga saling bersalam-salaman, tentu masih dalam nuansa berlebaran. Saling melempar senyum dan saling bermaaf-maafan. [uth]

Selain sebagai simbul silaturahmi terhadap para saudara leluhur yang telah mendahului, juga dimaksudkan sebagai niat berbagi. Tak lain adalah berbagi kesenangan, yaitu berujud ziarah serta mengirimkan doa

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.