Sumbing Merapi Merbabu dan Sunset Menoreh dari Nanggulan

SEBAGAIMANA pernah tertulis pada beberapa jurnal lalu, di area persawahan seputar Janti, ada banyak pemandangan yang bisa diabadikan dan didokumentasikan lewat lensa kamera Anda.

Area persawahan di seputar Janti tersebut baik yang berada di depan kompleks polsek Nanggulan, yang membujur ke timur wilayah pedukuhan Janti Lor XI, ataupun di sebelah barat pedukuhan, yaitu sawah nDaleman serta sawah gede (sahgedhe).

Saat cuaca cerah, selain pemandangan persawahan, dari depan kompleks polsek Nanggulan yang menghadap ke timur-laut, Anda juga bisa mengabadikan gambar perkampungan dengan latar belakang gunung Merapi dan gunung Merbabu. Begitu pula apabila Anda memandang ke arah barat laut, selain pemandangan sawah, kampung dan latar belakang perbukitan Menoreh, di kejauhan tinggi sana, Anda juga bisa menyaksikan keindahan gunung Sumbing.

Gunung Merbabu & Merapi dan Sawah Lembah Menoreh, Nanggulan
Gunung Merbabu & Merapi dan Sawah Lembah Menoreh, Nanggulan

Menuju ke barat pedukuhan Janti, di kali Sepuri Anda akan bisa mengambil banyak gambar, lantaran ada banyak obyek di sana. Belum lagi ketika menaiki area persawahan. Yang ke utara adalah area persawahan Ndaleman, sementara yang ke selatan dan ke barat adalah area persawahan Sawah Gedhe.

Gunung Sumbing di kejauhan tinggi bukit Menoreh terselubungi awan
Gunung Sumbing di kejauhan tinggi bukit Menoreh terselubungi awan

Dari kedua area persawahan di sebelah barat pedukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta, ketika sore hari Anda juga bisa menyaksikan keindahan senja dan tenggelamnya matahari, atau yang lebih dikenal sebagai sunset.

Memang di Janti pada Jumat Pahing -malam Sabtu Pon- lalu sempat diguncang gempa, dan hari Minggu Wage, 20 April juga diguyur hujan abu dari gunung Merapi, namun hal itu tak menjadi kendala buat kita semua. Jadi tak ada yang perlu ditakutkan ataupun di khawatirkan, lantaran  justru itulah bagian dari istimewanya alam Yogyakarta ini.

Sebagai tambahan informasi, saat tanaman padi sedang menghijau dan cuaca hendak berubah menuju musim kemarau seperti sekarang ini adalah waktu bagus untuk hunting photo di seputar persawahan Janti. Jadi jika tertarik dan ada kesempatan, silakan explore dan abadikan keindahan alam ini sebagai subyek ataupun obyek photography Anda.

Sunset Lembah Menoreh, Janti Nangggulan
Senja di Lembah Menoreh, Janti Nangggulan Kulon Progo
Terakhir, setelah 21 April kemarin merayakan hari Kartini, maka hari -22 April 2014- ini mari kita rawat hijaunya bumi juga, safe nature! Selamat hari bumi, Happy Earth Day 2014.  [uth]


Dari kedua area persawahan di sebelah barat pedukuhan Janti Anda bisa menyaksikan keindahan senja dan tenggelamnya matahari, dikenal sebagai sunset

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.