Panen Durian Menoreh 2014

TAHUKAH Anda bahwa di seputar perbukitan Menoreh ada satu buah yang sangat nikmat dan kehadirannya selalu ditunggu oleh banyak manusia? Karena acapkali bisa mengakibatkan mabuk bagi sebagian manusia, maka ada yang sebagian menyebut buah itu sebagai buah kuldi masa kini. Dialah buah durian, duren Menoreh.

Sangat bisa dipahami sekiranya ada yang memberikan istilah sebagai buah kuldi masa kini tersebut. Pasalnya duren Menoreh memang termasuk varian buah duren yang berbeda dibanding khas durian lainnya. Selain legit dan ada juga yang mengarah pada arsa pahit khasnya, buah durian Menoreh juga memiliki beberapa jenis varian. Tak sebatas pada durian montong ataupun petruk saja, akan tetapi ada yang lebih khas yaitu duren genthong serta durian yang berwarna kuning (dan belum diberikan nama khusus padanya).

Penampakan legit durian Menoreh
Penampakan legit durian Menoreh
Belum banyak yang tahu tentang dua varian duren Menoreh tersebut. Dinamakan durian genthong karena bentuknya memang lumayan besar hingga oleh masyarakat disepadankan dengan genthong (tempat penampungan air), rasanyapun tak mengecewakan. Sementara duren varian baru berwarna kuning agak orange adalah varian yang dihasilkan oleh seorang petani durian dari wilayah Kulon Progo Utara.

Masa panen duren Menoreh telah berjalan tiga bulan lebih. Yaitu semenjak akhir tahun 2013 lalu. Dan saat ini memang masih ada banyak yang berjualan buah durian. Termasuk di wilayah pedukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta. Tinggal beberapa saat lagi mungkin buah duren khas Menoreh ini akan mulai menyusut lantaran memang buah ini hanya bisa dipanen satu tahun sekali.

Dan biasanya pula selepas buah duren ini ada kemunculan buah manggis masih dari wilayah pegunungan Menoreh. Hanya saja kemunculan buah manggis ini tak menjadi hal yang semenarik buah durian. Jadi sekiranya Anda masih hendak menikmati buah durian, silakan keliling di seputar Menoreh, lalu hunting buah durennya pada masa-masa sekarang ini, mumpung belum habis masa panennya. [uth]

Karena duren Menoreh acapkali bisa mengakibatkan mabuk bagi sebagian manusia, maka ada yang sebagian menyebut buah itu sebagai buah kuldi masa kini

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.