Pergantian Musim Terasa di Janti

MARET 2014 hampir saja berakhir, dan cuaca di seputar pedukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta juga sedikit agak berubah. Utamanya pada kondisi musim penghujan kali ini.

Perubahan cuaca itu jelas terlihat dengan ditandainya hembusan angin kencang yang terjadi pada hari-hari terakhir ini. Angin selatan berhembus sangat kencang disertai suara geledeg dan juga akhirnya turun hujan. Bahkan kadangkala justru mendung yang sangat gelap, tak menyebabkan turunnya hujan deras. Melainkan yang datang justru angin kencang dan air yang turunpun sebatas berupa gerimis.

Di kesempatan lain, pada malam hari utamanya, suhu udara terasa sedikit panas dan berkecenderungan membuat suasana "sumuk."

Semua itu ditengarai bahwa pergantian musim di lembah bukit Menoreh ini akan terjadi tak lama lagi. Yaitu dari musim hujan menuju musm kemarau.

Setelah menyimak keterangan di surat kabar, dari Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta, Tony Agus Wijaya menerangkan bahwa memang benar adanya, musim pancaroba akan segera datang.

Sunset Nanggulan Kulon Progo
Sunset Nanggulan Kulon Progo

Masih menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Jogja, sebagaimana di kutip dari harian Jogja, Suhu udara maksimal saat siang hari bisa mencapai 34 derajat Celsius, sedangkan suhu udara minimal pada pagi hari berkisar antara 23 derajat Celsius. Suhu minimal tersebut lebih tinggi daripada rata-rata suhu minimal pada bulan lain, yaitu 20 derajat Celsius. Peningkatan suhu udara tersebut disebabkan posisi matahari pada bulan Maret adalah tegak lurus di Jogja. Posisi tegak lurus tersebut juga terjadi pada bulan Oktober sehingga pada bulan tersebut juga akan ada peningkatan suhu udara.

Dengan kondisi yang seperti itu, alangkah baiknya sekiranya kita semua bisa menjaga kondisi tubuh. Lantaran bukan tidak mungkin bersamaan dengan perubahan cuaca ini kondisi ketahanan tubuh juga membutuhkan adaptasi, dimana yang staminanya lemah tentu akan memerlukan sedikit bedrest. [uth]

Perubahan cuaca itu jelas terlihat dengan ditandainya hembusan angin kencang yang terjadi pada hari-hari terakhir ini. Angin selatan berhembus sangat kencang disertai suara geledeg

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.