Duren Menoreh di Janti Nanggulan

Sebagaimana sempat terkutip pada jurnal lalu, masa panen durian di seputaran bukit Menoreh memang telah dimulai sejak akhir tahun 2013. Itu artinya telah lewat sebulan lalu.

uren Menoreh dan isi pongge-nya
Duren Menoreh dan isi pongge-nya
Dan sebagaimana jurnal tersebut, benar adanya, meski sudah berjalan dua bulan, namun saat ini keberadaan duren Menoreh masih gampang ditemui, baik langsung di petaninya langsung ataupun di pinggir-pinggir jalan seputar bukit Menoreh.

Buah durian menjadi salah satu buah kebanggaan bagi sebagian dari kita. Dan hal itupun menjadi kebahagiaan pula bagi sebagian warga di bukit Menoreh lantaran dengan keberadaan buah nan nikmat tersebut, ada pemasukan lain selain dari sumber yang biasa dijalani.

Buah durian memang hanya bisa dipanen satu tahun sekali, dan waktu panenpun berkisar selama dua bulan. Itu jika memang cuaca memungkinkan. Karena adakalanya hanya bisa memanen sekira satu bulan. Tentu jika terjadi gangguan cuaca. Misalnya pas masa berbunga berbarengan dengan hembusan angin yang kencang.

Tahun 2013 ini sepertinya menjadi masa yang sedikit menyenangkan lantaran masa panen duren agak sedikit panjang. Hal itu ditunjukkan dengan panen pertama dulu, bahwa ketika ada yang mulai bisa dipanen, namun adapula pohon yang sedang berbunga dan baru mulai berbuah.

Buah durian memang menjadi salah satu santapan khas bagi sebagian orang. Dan kenyataannya banyak yang merasa ketagihan dengan jenis buah durian yang berasal dari pegunungan Menoreh ini. Ada yang bilang bahwa duren Menoreh ini rasanya sangat berbeda, selain sangat legit juga mampu membuat lidah bergoyang serta perut menggeliat.

Dengan panennya buah durian di wilayah perbukitan Menoreh, tak pelak area sekitarnya juga ketiban imbas yang bagus. Rejekinyapun sampai di seputar pedukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta lantaran ada beberapa warga yang menggunakan area lembah Menoreh sisi bagian timur ini sebagai tempat berjualan. Baik di pinggir-pinggir jalan atauipun di dalam toko.

Anda tertarik dengan durian Menoreh..? Jika iya, silakan mencicipinya. [uth]

Ada yang bilang bahwa duren Menoreh ini rasanya sangat berbeda, selain sangat legit juga mampu membuat lidah bergoyang serta perut menggeliat

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.