Pentas Jathilan BKJ Menyambut Tahun Baru 1 Suro

TANGGAL satu Muharam ataupun 1 Suro memang telah lampau, namun bukan berarti sambutan warga akan kedatangannya hanya berlalu begitu saja. Hal ini terbukti dengan berpartisipasinya teman-teman penggiat seni tari jathilan Bekso Kyai Janti, yang juga turut menggelar pementasannya.

Pada malam tanggal 1 Syuro warga pedukuhan Janti, baik Janti Lor XI maupun Janti Kidul XII, memang telah mengadakan acara menyambut datangnya tahun baru Jawa. Di dalamnya tentu saja termasuk teman-teman penggiat kesenian jathilan. Akan tetapi tak berhenti di sana, teman-teman yang tetap nguri-uri kesenian rakyat ini juga menggelar pementasan, tepatnya pada hari Minggu Pon, hari keenam bulan Syuro, ataupun tanggal 10 November 2013M.

Personil jathilan Bekso Kyai Janti - Nanggulan Kulon Progo
Tak tanggung-tanggung, pagelaran kesenian jathilan Bekso Kyai Janti yang telah dilangsungkan sejak pagi, jelang siang, hingga sore hari itu menampilkan 4 babak pementasan, termasuk performance jathilan putrinya.

Antusiasme warga dalam menyaksikan pementasan kesenian rakyat berujud jathilan itupun sangat tinggi, dibuktikan dengan membludaknya venue acara. Dan bukan sebatas warga yang berada di Janti saja, akan tetapi warga di luar pedukuhan Janti juga hilir mudik berdatangan guna menyaksikan pertunjukan.

Seperti biasa, empat babak pertunjukan diawali oleh adik-adik, lalu di susul umur di atasnya. Sementara babak ketiga adalah penampilan dari teman-teman perempuan, jathilan putri. Dan sebagai penutup alias babak terakhir adalah penampilan dari teman-teman dewasa, dikombinasikan dengan pelaku-pelaku sebelumnya.

Selamat untuk Bekso Kyai Janti yang tetap eksis berkesian pun berkiprah di area lembah bukit Menoreh. Selamat berkarya, berkesenian serta berbudaya, selamat tahun baru, mari kita jelang hari depan dengan tetap berprestasi berujud karya nyata. [uth]

*)\ Gambar diambil dari grup FB

Pagelaran jathilan Bekso Kyai Janti sejak pagi hingga sore menampilkan 4 babak pementasan, termasuk performance jathilan putrinya

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.