Menyambut Tahun Baru 1 Syura

SURO, Asyura, ataupun Syura merupakan permulaan bulan dalam penanggalan Jawa serta penanggalan Hijriah. Selain istilah-istilah tersebut -utamanya dalam penanggalan Hijriah- dikenal pula sebagai bulan Muharam.

Sebagai masyarakat yang masih tetap berusaha merawat budaya warisan leluhur, maka pada tahun baru Jawa - Hijriyah ini pedukuhan Janti menggelar beberapa event guna merayakan pun menyambutnya.

Diawali gagasan beberapa warga, maka jelang tanggal 1 Syura (5 November 2013) telah diadakan beberapa persiapan, diantaranya adalah kerigan - kerjabakti warga. Dalam kegiatan kerjabakti itu antara lain melakukan pembersihan di komplek pemakaman serta di area yang akan digunakan untuk tempat "kepungan sodaqoh mapak warsa enggal."

Menyambut tahun baru 1 Syura
Menyambut tahun baru 1 Syura - Janti Nanggulan
Hari H malam 1 Syura tiba, meski tak semuanya namun sebagian warga pedukuhan Janti, baik Janti Lor XI maupun Janti Kidul XII, berkumpul mengadakan kepungan sodaqoh, dimana ada nasi kenduri dan beberapa tumpeng yang disediakan.

Acara kepungan dilanjutkan dengan tirakatan. Selain ngobrol bercengkrama antara warga satu dengan lainnya, ada pula beberapa tokoh pun sesepuh yang menggelar "semacam orasi." Isinya ada yang mengupas tentang sejarah edukuhan Janti - Mbanaran, ada pula bahasan mengenai kesenaian jathilan, dan masih banyak lagi.

Masih dalam menyambut tahun baru 1 Syura di kawasan lembah Menoreh ini, paguyuban kesenian jathilan Bekso Kyai Janti diagendakan juga bakal menggelar pementasan, yaitu pada hari Minggu tanggal 10 NOvember 2013, bertempat di sebelah barat sekretariat Paguyuban Bekso Kyai Janti, tepatnya area sebelah timur Mbah Gondrong - pawang jathilan BKJ. [uth]

*)\ Pic diambil dari grup FB Janti

Beberapa tokoh pun sesepuh yang menggelar "semacam orasi." Isinya ada yang mengupas tentang sejarah edukuhan Janti - Mbanaran, ada pula bahasan mengenai kesenaian jathilan

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.