Jelang Bulan Syura di Janti Nanggulan Kulon Progo

ADA satu hari libur nasional di awal bulan November 2013, yaitu hari Selasa tanggal 5 sebagai hari tahun baru Hijriah. Atau kebanyakan orang Jawa bilang sebagai tanggal satu Syura.

Berasal dari kata berbahasa Arab asyura, orang Jawa lebih akrab menyebutnya dengan nama bulan Syura, merupakan bulan yang "agak" diistimewakan lantaran menjadi bulan khusus dalam satu tahun.

Sebagai salah satu contoh bulan yang diistimewakan diantaranya adalah bahwa selama bulan Syura kebanyakan orang Jawa tak akan melakukan "hajatan" selama dalam kurun satu bulan, misalnya hajatan pernikahan, sunatan, dan semacamnya.

Pengistimewaan bulan Syura jelas terlihat pada malam satu Syura yang selain diperingati sebagai tahun baru Jawa kenyataannya juga diperingati sebagai tahun baru Hijriah.

Demi mapak (menyambut) kedatangan bulan Syura dan merayakan malam tahun baru Jawa tersebut, masyarakat pedukuhan Janti Lor XIJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta, baik Janti Lor XI ataupun Janti Kidul XII, memiliki beberapa agenda bersama. Agenda-agenda tersebut diantaranya adalah mengadakan kenduri bersama dan tumpengan, dilanjutkan dengan tirakatan.

Undangan wilujengan mapak warsa Jawi 1 Syura
Acara kenduri "wilujengan" serta tirakatan menyambut Syura direncanakan akan mengambil tempat di ruas jalan perbatasan antara Janti Lor XI dan Janti Kidul XII, dimana tempat tersebut dimaksudkan juga sebagai lokasi exs area kantor kelurahan Nanggulan masa lampau.

Mempersiapkan acara menyambut bulan Syura, warga lembah Menoreh - pedukuhan Janti telah mengadakan gotongroyong - kerjabakti bersama. Diawali bersih makam pada hari Sabtu, selanjutnya pada hari Minggu pagi juga mengadakan pembersihan lokasi bakal dilangsungkannya acara sekaligus pemasangan tenda tratak. Sebagian anak muda -khususnya penggiat kesenian jathilan Bekso Kyai Janti- juga mengadakan pembersihan tempat pemandian umum sumber air murni, Mbeji.

Selain agenda acara merayakan tahun baru Hijriah & Jawa, masih pada bulan Asyura ini paguyuban kesenian jathilan BKJ (Bekso Kyai Janti) juga akan mempersembahkan pertunjukannya, yaitu pada hari ke-6 Syura 1435H ataupun hari Minggu, tanggal 10 November 2013. [uth]

Acara kenduri & tirakatan menyambut Syura bertempat di ruas jalan perbatasan antara Janti Lor XI dan Janti Kidul XII,yaitu lokasi exs area kantor kelurahan Nanggulan masa lampau

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.