Sumpah dan Pelantikan Dukuh Janti Lor XI Nanggulan Kulon Progo

PANPILDUK alias Panitia Pemilihan Dukuh pedukuhan Janti Lor XI Jatisarono Nanggulan telah mulai dibentuk. Tugas selanjutnya selama adalah mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan hajatan pesta demokrasi ala kampung di kawasan lembah bukit Menoreh tersebut. Termasuk didalamnya adalah membuka kesempatan bagi warga yang berkeinginan -mencalonkan- diri sebagai dukuh.

Setelah dirasa cukup, maka pada akhir bulan September 2013 panpilduk telah mengumumkan calon dukuh Janti Lor XI yang bakal dipilih secara langsung.

Sebagaimana hajatan besar pesta demokrasi di negeri ini, agenda berikutnya adalah menyediakan waktu kampanye, memberikan masa tenang, dan menyelenggarakan hari H pemilihan dengan daftar pemilih sebanyak 270 warga.

Semua yang dilaksanakan dalam pemilihan dukuh di pedukuhan Janti Lor XIJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta itu telah dilaksanakan secara khidmat dan mampu berjalan lancar tak ada aral merintang. Hasil pemilihan secara langsungpun sudah bisa diketahui sesaat setelah penghitungan suara usai ditutupnya acara pencoblosan calon dukuh.

Berikutnya, sebagaimana telah diumumkan, kandidat yang terpilih adalah Bapak Muh Basri dimana dalam perolehan suara telah berhasil mengungguli Ibu Nawangsih Nurlestari.

Pengambilan sumpah dan pelantikan dukuh Janti Lor
Agenda yang telah diadakan selepas terpilihnya dukuh baru, tentu saja adalah pemilihan serta sumpah & pelantikan. Namun ada pula acara yang digelar oleh dukuh lama yang diganti, yaitu di kediaman Bapak Sugiharto. Acara tersebut adalah pamitan dan permohonan maaf apabila dalam masa kepemimpinannya masih banyak kekurangan yang terjadi.


Acara penetapan dukuh baru telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 Oktober 2013, sedangkan upacara pengambilan sumpah & pelantikan dukuh baru dilaksanakan pada sehari menjelang hari Sumpah Pemuda, yaitu hari Minggu tanggal 27 Oktober 2013, bertempat di Pendopo kelurahan Jatisaono, Nanggulan Kulon Progo.

Hadir dalam acara pelantikan dukuh yang dimulai sekira pukul 9:30 pagi itu adalah Bapak Camat, Bapak Lurah, para pamong desa. Dan selain saksi serta kalangan keluarga dari dukuh terpilih, masih ada lagi yang juga menghadiri ceremonial sumpah dan pelantikan, diantaranya adalah para dukuh di pedukuhan seputar lingkungan Jatisarono, Ibu-ibu PKK, tokoh masyarakat Jatisarono, Muspika, BPMPDPKB, Rohaniawan, Ketua & anggota BPD, tak ketinggalan pula beberapa warga Janti.

Selain diisi dengan penandatanganan & sumpah jabatan, rangkaian upacara pelantikan juga disertai dengan pelepasan pun sertijab (serah terima jabatan) dari dukuh lama kepada dukuh baru.

Bapak Lurah Kepala Desa (Mudji Kurniawan) selaku pihak perangkat desa, selain menyampaikan ucapan terimakasih secara verbal, secara simbolik juga memberikan bingkisan kenang-kenangan kepada Bapak Y. Sugiharto sebagai pejabat dukuh lama.

Sumpah dan pelantikan dukuh Janti Lor XI Jatisraono Nanggulan Kulon Progo
Sumpah dan pelantikan dukuh Janti Lor XI Nanggulan Kulon Progo

Selamat atas diikrarkannya sumpah dan pelantikan dukuh Janti Lor XI, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo pada hari Minggu, 27 Oktober 2013. Selamat mengemban tanggungjawab dan pelaporan -secara langsung- kepada lurah kepala desa, dan tak lupa selamat menjalankan tugas serta amanah pada kesejahteraan pun kenyamanan warga dan lingkungan. [uth]

-
*)/ Sumpah dan pelantikan dukuh Janti Lor XI Nanggulan Kulon Progo

Selamat mengemban tanggungjawab dan pelaporan -secara langsung- kepada lurah kepala desa, dan tak lupa selamat menjalankan tugas serta amanah pada kesejahteraan pun kenyamanan warga dan lingkungan

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.