Idul Adha 1434 di Masjid Al Falaq Janti Nanggulan

Peringatan hari raya Idul Kurban ataupun Idul Adha tahun 1434H jatuh pada hari Selasa, 15 Oktober 2013. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Masjid Al Falaq Janti Nanggulan juga mengadakan Sholat Ied berjamaah yang diikuti oleh kaum muslimin serta muslimat bukan saja dari pedukuhan Janti, melainkan juga dari pedukuhan sekitarnya.

Khotbah Sholat Iedul Adha
Berlaku sebagai Imam serta Khotib pada Sholat Idul Adha kali ini adalah Bapak Drs. H. Jauhar Mustofa, salah satu warga pedukuhan Janti Kidul pegawai Departemen Agama yang tahun lalu juga telah melaksanakan ibadah haji.

Isi khotbah yang disampaikan kali ini adalah "pengambilan makna" dari kejadian kurban yang pernah dilalui oleh Nabi Ibrahim, Ismail -ataupun Ishak,- yaitu makna berkorban serta pengorbanan diri. Bahwa sebanyak apapun kekayaan yang dimiliki di dunia ini, maka sudah selayaknya kita bersiap untuk berkorban lantaran kesemuanya itu juga tak akan dibawa mati. 

Dari rela berkorban itu pulalah mampu dikuak sebuah definisi dari "rasa syukur' pada rejeki yang telah diterima. Bahwa semua itu bukan hak kita pribadi, melainkan ada hak orang lain agar kita bisa menyantuni.

Begitulah sekilasisi kotbah Idul Adha tahun 1434H ini, dimana pada sholat Ied berjamaah tersebut jamaah di lembah Menoreh ini juga cukup dermawan karena, terbukti uang infaq yang masuk mampu mencapai angka Rp 1.390.000,-

Kalau pada perayaan Idul Adha tahun 2012 lalu ada 7ekor sapi yang disembelih, maka untuk tahun ini, Masjid Al Falaq Janti menyembelih hewan kurban berujud sapi sebanyak 3ekor yang dilakukan setelah Sholat Ied di seputaran area Masjid.

Daging dari penyembelihan hewan kurban selanjutnya akan dibagikan kepada warga pedukuhan Janti, baik Janti Lor XI maupun Janti Kidul XII. Sementara pada waktu sebelumnya, undangan pengambilan daging kurban juga telah dikirim kepada warga.

Berlaku sebagai Ketua Panitia Idul Adha di Masjid Al Falaq JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta adalah Bapak Dul Taqim -yang juga dukuh kepala pedukuhan Janti Kidul XII- sedangkan sekretarisnya adalah Bapak Rudy Prakanto. [uth]

Undangan daging kurban
Undangan pengambilan daging kurban
-
*)/ Idul Adha 1434 di Masjid Al Falaq Janti Nanggulan

Sebanyak apapun kekayaan yang dimiliki di dunia ini, maka sudah selayaknya kita bersiap untuk berkorban lantaran kesemuanya itu juga tak akan dibawa mati

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.