Produk Kerajinan Handicraft Kadang Susah Dimengerti

Ketika melihat padatnya pekerjaan kerajinan di lingkungan padukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta bagi sebagian orang ada saja yangdibuatnya "lieur" alias bingung.

Hal itu sebagaimana dialami salah seorang teman admin jantixixii tatkala melihat dan berkeliling di workshop handicraft seputar lingkungan lembah Menoreh Yogyakarta. Dari awal melihat bahan berujud "sampah" ecenggondok serta pandan, lalu masuk kebagian produksi, hingga sampai pada bagian finishing, ada saja yang membuatnya berpikir dan lalu bertanya banyak pada sang tuan rumah.

Proses pembuatan bak pakaian dari akaralam
Pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul diantaranya adalah, "kenapa sampah di sawah kok ya bisa diolah dan kini tak menjadi sampah yang terpendam..?" atau "bagaimana awalnya kok bisa menemukan ide, sebuah mendhong dianyam dan dijadikan sebagai karpet..?"

Dan terakhir pada saat telah melihat wujud barang. "Siapa sih yang akan memakai barang-barang dengan pesanana sama sebanyak ini...?" Lalu mau buat -wadah- apa..?"

Ya, hal-hal menyangkut produk kerajinan yang terkadang memang susah bisa diketahui, lantaran tak banyak orang bisa mengerti. Buah karya kreativitas tangan-tangan terampillah yang menciptakan kreasi-kreasi semacam ini.

Dan pada akhirnya, jauh hari setelah pertanyaan-pertanyaan tadi dilontarkan, maka bakal bisa melihat fungsi sebagai jawabannya justru ketika telah melihatnya di dwalayan kota-kota besar, atau telah menontonnya di sebuah film manca negara. "Oh ternyata bak-bak berasal dari akaralam dulu itu bisa dimanfaatkan sebagai tempat pakaian pada setiap kamar di apartemen dan hotel ta... Ohhh, ternyata karpet yang berasal dari anyaman akar alam dulu itu justru mahal harganya yaa... dan seterusnya.

Begitulah, bukan satu hal yang memalukan kok ketika kita tak begitu mengetahui fungsi produk kerajinan tangan. Namun yang pasti, sebagian dari tangan-tangan terampil di seputar lingkungan kita, utamanya pribadi yang bertempattinggal di pedesaan ini, adalah pribadi yang telah lama mengakrabinya. [uth]

Pertanyaan yang biasa muncul,"kenapa sampah kok bisa diolah dan tak menjadi sampah terpendam?" "Bagaimana bisa menemukan ide, mendhong dianyam dan dijadikan sebagai karpet..?"

Post a Comment

Setiyono said... 25 October 2013 at 14:06

Semoga Produk Lokal Kulon Progo Terutama Kerajinannya semakin dikenal dan dapat menciptakan Lapangan kerja baru Di Bedesaan Khususnya.

Setiyono Sh
princsetiy@yahoo.com
www.jayabhaya.com
From : Yogyakarta Special Region

Helmut Dempewolf said... 6 October 2017 at 11:18


It is appropriate time to make a few plans for the future and it's time to be happy. I have learn this publish and if I could I desire to counsel you few fascinating issues or tips. Maybe you can write next articles regarding this article. I wish to learn more things about it! gmail email login

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.