Pengrajin Menoreh Tetap Bekerja Bersama

Tatkala melihat persaingan bisnis jaman sekarang, tak jarang kita hanya melihat antara satu dengan lainnya malah saling "nelikung" dan bersaing secara tak sehat. Bersyukur bahwa para pengrajin di lingkungan lembah Menoreh, utamanya di padukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta, tetap saling bersimpati dan tak saling menjatuhkan.

Salah satu hasil karya kerajinan pengrajin Menoreh
Bukan omong-kosong kabar kebaikan antar pengrajin itu terpaparkan, sebagai contoh adalah terjadinya kerja bersama yang sempat dilihat oleh admin jantixixii beberapa waktu lalu. Antara pilar-pilar pengrajin di Janti - Nanggulan, yaitu Dwi Santosa, Totok Timbul, dan Tusiran, tatkala yang satu memiliki pesanan namun dia tak mampu mengerjakannya, maka akan dilempar dan ditawarkan kepada teman pengrajin lain. Sekiranya mampu ya silakan dikerjakan, namun kalau tidak mamu, ya dikembalikan "rembug ketidaksanggupannya" kepada pihak pemesan.

Sinergi semacam itu tetap berjalan dan mengalir apa adanya sebagai orang desa yang tak "kemaruk" dan "serakah." Sehingga hal itu tentu saja menjadi gambaran bahwa masyarakat pengrajin di sini meskipun ada peluang namun toh tak ada kehendak menjadi "kapitalis."

Sifat gotong-royong masih sangat tertancap dalam tabiat tiap individu. Sebagai pengrajinpun, tiada pemosisian diri selalu "sok bossy," lantaran semua saling menyadari bahwa satu sama lain tak ada "bos" tak ada "anak buah", tak ada "juragan" tak tersedia "pelayan," semuanya saling bekerjasama.

Oleh karenanya yang lebih dipentingkan adalah kesadaran untuk menghasilkan karya terbaik, karena semua sama-sama memiliki keyaqinan bahwa dengan karya yang baik maka rejekipun dengan sertamerta akan mengalir dengan baik pula.

Bagi yang berkenan, beberapa karya kerajinan Menoreh bisa Anda dapatkan di Toko Online 'MenorehCraft.com.'

Sinergi antarpengrajin berjalan apa adanya sebagai orang desa yang tak kemaruk dan serakah. Menjadi gambaran bahwa masyarakat pengrajin kampung tiada kehendak menjadi kapitalis

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.