Ziarah Kubur Pasca Sholat Ied

Ziarah kubur yang dilaksanakan beberapa keluarga dari masyarakat pedukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta masih tetap terjaga keberadaannya. Bahkan oleh sebagian warga, ziarah kubur itu juga dijadikan bagian dari rangkaian perayaan hari kemenangan lebaran.

Ziarah Kubur pasca Sholat Ied di makam Janti Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta

Sebagai umat muslim, ziarah kubur yang dilakukan setelah sholat IedulFitri itu bisa jadi merupakan kegiatan yang tak begitu asing. Namun, yang menarik di pedukuhan Janti, kenyataannya ziarah kubur itu bukan saja dilaksanakan oleh umat muslim. Pada waktu bersamaan, warga lereng bukit Menoreh yang memiliki keyaqinan lain tak jarang juga tetap berbondong-bondong mendatangi kuburan para leluhurnya guna mengirimkan doa.

Ziarah Kubur pasca Sholat Ied di makam Janti
Keluarga berziarah Kubur pasca Sholat Ied
Kegiatan berkunjung ziarah kubur ini pada akhirnya mampu memperlihatkan sebuah keramaian, lantaran tanpa harus berpatok pada satu keyaqinan, semua anggota keluarga yang berbeda agama tetap mendatangi area dikuburkannya leluhur. Mereka secara bersama-sama memiliki tujuan sama juga, yaitu mengirimkan do'a sesuai keyaqinan masing-masing.

Ada dua area pemakaman di kampung Janti, keduanya juga tak berjauhan tempatnya karena hanya dipisahkan oleh aliran selokan saja. Dan keduanya juga bukan satu pekuburan yang mengkhususkan pemakaman berdasar satu keyakinan saja, semua keyaqinan tetap dikubur pada satu area.

Ziarah Kubur pasca Lebaran makam Janti
Ziarah Kubur pasca Sholat Ied
Ini menjadi bukti sebuah kebersamaan dan kerukunan tetap menjadi ruh utama di pedukuhan Janti, lantaran hari kemenangan lebaran yang jatuh setelah puasa Ramadhan, pada akhirnya bukan saja milik kaum muslim yang berkegiatan ibadah Ramadhan saja. Semua bisa merayakannya, semua bisa membuka ruang kebersamaan dan kebebasannya. Pada hari kemenangan ini pulalah rangkaian silaturahmi itu menjadi semakin kuat terjalinnya.

Semua warga tentu memiliki harapan sama, semoga kebersamaan doa pasca Sholat Ied itu mampu diterima oleh-Nya sehingga nenek moyang leluhur kita juga bisa berbahagia melihat kebahagiaan yang telah kita perbuat di depan tanah pemakamannya. Amin... 

Minal 'Aidin wal faizin. Maaf lahir-batin [uth]

Warga tentu memiliki harapan sama, semoga kebersamaan doa pasca Sholat Ied itu mampu diterima oleh-Nya sehingga nenek moyang leluhur kita juga bisa berbahagia melihat kebahagiaan yang telah kita perbuat di depan tanah pemakamannya

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.