Syawalan dan Tirakatan di Nanggulan Kulon Progo

1 Syawal sebagai perayaan hari raya lebaran Idul Fitri jatuh pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2013, sementara 10 hari berikutnya adalah hari ualng tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Artinya, tanggal 17 Agustus 2013 sebagai hari peringatan kemerdekaan negeri ini tak berselang lama dengan perayaan lebaran Idul Fitri 1434H. Hal ini tak jauh berbeda dengan keadaan tahun 2012 lalu. Oleh karenanya banyak warga yang mengadakan perayaan kedua hari besar tersebut secara berbarengan ataupun beriringan menjadi satu rangkaian.

Begitu pula yang dilakukan oleh warga di setiap kabupaten wilayah Yogyakarta. Tak ketinggalan adalah warga di padukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta
Baik pedukuhan XI Janti Lor ataupun pedukuhan XII Janti Kidul, mengadakan acara yang hampir serupa yang dihadiri banyak warga, laki ataupun perempuan, tua ataupun muda. 

Syawalan dan tirakatan Nanggulan Kulon Progo
Bersalaman
Pada tanggal 16 malam 17 Agustus lalu, di tempat pak dukuh masing-masing, keduanya mengadakan acara tirakatan sekaligus juga sebagai acara Syawalan antarwarga pedukuhan. Di Janti Lor acara berlangsung di kediaman Bapak Dukuh Sugiharto, sementara di Janti Kidul bertempat di rumah tinggal Bapak Dukuh Dultaqim.

Di pedukuhan XI Janti Lor ada yang agak berbeda kali ini, karena ini adalah masa-masa akhir jabatan dukuh disandang oleh Pak Dukuh Sugiharto. Beberapa bulan kedepan akan ada pergantian dukuh baru yang akan dipilih langsung secara demokratis oleh warga.

Agenda Syawalan adalah lebih pada acara silaturahmi saling memaafkan dan menjalin kebersamaan dalam nuansa fitri, sedangkan acara tirakatan tentu mengarah pada begadang ataupun "melek mbengi" untuk diisi perenungan arti sebuah kemerdekaan. Kemerdekaan yang sejatinya belum sesuai dengan cita-cita para founding fathers negeri ini.

Ada yang butuh dimaknai bahwa baik lebaran ataupun tujuhbelasan, keduanya merupakan momentum "hari kemenangan". Pemaknaan yang akan bisa membawa arti adalah tatkala masing-masing diri kita ini mau menyadari hakikat kemerdekaan para pejuang terdahulu sebagai janji yang harus dilunasi! Kemerdekaan seluruh warga, bukan sebatas merdeka pada segelintir orang ataupun sekelompok golongan.

Semoga kemerdekaan semua warga bisa tercapai dengan sebenar-benarnya bukan saja sebatas perayaan kemenangan lebaran dan Agustusan ini.
Selamat lebaran Idul Fitri, Selamat hari ulang tahun negeri kita ini. [uth]

Ada yang butuh dimaknai bahwa baik lebaran ataupun tujuhbelasan, keduanya merupakan momentum "hari kemenangan"

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.