Sholat Iedul Fitri di Masjid Al Falaq Janti Nanggulan

Puasa Ramadhan telah usai. Tak pelak, pada akhirnya perayaan lebaran Idul Fitri 1434H telah diumumkan oleh banyak pihak, yaitu jatuh serempak pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2013. 

Jamaah Sholat Iedul Fitri Janti Nang
Muslimin Jamaah Sholat Iedul Fitri Janti Nanggulan
Hal itu tentu membuat suasana sholat Ied di beberapa tempat cukup ramai. Begitu pula yang terjadi di area Masjid Al Falaq Janti yang bisa dikatakan kebanjiran jamaah.

Kamis pagi, nampak jelas dari berlimpahnya para jamaah yang hendak menunaikan sholat Ied yang bahkan kawasan Masjid sudah tak cukup lagi menampungnya. Banyak jamaah yang pada akhirnya harus menjalankan Sholat Ied di pelataran Masjid Al Falaq dan juga sepanjang jalan yang membujur disamping kawasan Masjid.

Meski agenda pelaksanaan Sholat Iedul Adha di Masjid Alfalaq pedukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta dilaksanakan pada pukul 7:00 pagi, namun baik para lelaki pun perempuan telah berbondong-bondong datang ke lokasi Masjid sedari pagi selepas Sholat Subuh.

Usai Sholat Ied Janti Nanggulan Kulon Progo
Antusiasme para jamaah yang hendak melaksanakan sholat sunat setahun sekali tersebut sedikit menunjukkan bahwa ada sebuah gambaran ketaatan  serta kebersamaan dalam mewarnai perikehidupan pun perikemanusiaan.

Meski sebagian jamaah yang ada di luar pada saat menjalankan ibadah sholat dan juga mengikuti kutbahnya terkena sengatan sinar matahari, namun itu semua tak menjadikan mereka lantas harus minggir dan mencari tempat yang teduh.

Kutbah selepas Sholat Ied memberikan inti ceramah tentang ketaqwaan dan rasa syukur lantaran kita smeua masih diberikan kesempatan oleh-Nya untuk bertemu dengan lebaran tahun ini. Puji syukur harus tetap diucapkan atas kebesaran sang Illahirobbi tersebut.

Muslimat Jamaah Sholat Ied Janti Nanggulan
Muslimat Jamaah Sholat Ied Janti Nanggulan
Sementara itu, selepas rangkaian Sholat Iedul Fitri dan diiringi kutbahnya, jamaah Masjid Al Falaq semuanya membentuk lingkaran memutar saling bersalam-salaman sebagai tanda saling bermaafan atas segala kekhilafan yang pernah dilakukan antarkami - antarkita.

Sekira pukul 8:00 pagi, acara salam-salaman itu usai. Sebagian warga pulang ke rumah masing-masing, sebagian lainnya langsung menuju area pemakaman yang ada di seputar Janti guna berziarah pada para leluhur pun tetua masing-maisng yang telah lebih dulu berpulang ke Rahmatullah.

Bersamaan dengan ini pula, segenap admin jantixixii[dot]com mengucap Selamat Idul Fitri 1434 H - 2013M, selamat meraih hari kemenangan, mohon maaf lahir-batin atas segala kekhilafan yang diperbuat. Minal Aidin wal Faizin. [uth]

Jamaah Sholat Idul Fitri Al Falaq Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta
Jamaah Sholat Idul Fitri Al Falaq Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta
\*) Sholat Iedul Fitri di Masjid Al Falaq Janti Nanggulan

Admin jantixixii[dot]com mengucap Selamat Idul Fitri 1434 H - 2013M, selamat meraih hari kemenangan, mohon maaf lahir-batin atas segala kekhilafan

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.