Pementasan Jathilan BKJ Pasca Lebaran

Pada tanggal 13 Agustus lalu jathilan BKJ mengadakan pementasan demi menghibur beberapa warga seputar pedukuhan Janti dalam rangka lebaran, termasuk diantaranya adalah juga mereka para perantau yang baru pulang kampung.

Jethilan Bekso Kyai Janti Nanggulan Kulon Progo
Pentas Lebaran Jathilan BKJ
Pementasan jathilan BKJ pasca Lebaran tersebut bertempat di area kediaman Bapak Dukuh Janti Lor XI, yaitu Bapak Sugiharto.

Dimulai sekira pukul 12:30 siang jathilan Bekso Kyai Janti mulai ditampilkan. Seperti biasa, awal babak pertama adalah penampilan dari adik-adik pelaku seni jathilan yang usianya kurang-lebih dibawah 14 tahun. Sekira satu setengah jam kelar, dilanjutkan penampilan kesenian jathilan oleh para remaja usia sekira 17 tahun. Dan lalu usia diatasnya (plus semua usia) mengakhiri pertunjukan hingga usai pada pukul 17:20 WIB.

Sebagaimana biasanya, seluruh babak pertunjukan kesenian jathilan, selain ada gladhen para prajurit, tentunya juga ada penampilan lain. Hal yang sangat kentara adalah pada babak terakhir yang lengkap penampilannya, selain penampilan pelaku jathilan dnegan dandanan prajurit, ada pula wujud barongan dan tak ketinggalan penampilan tari topeng beserta rewo-rewonya.

Bukan saja sebatas warga padukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta yang antusias menyaksikan pertunjukan, akan tetapi kenyataannya banyak warga luar Janti yang ada di seputar lembah Menoreh ini juga sangat tertarik menyaksikan pertunjukan kesenian jathilan yang digelar dalam rangka lebaran ataupun syawalan di pedukuhan Janti tersebut. 

Hal itu dibuktikan sebagaimana nampak membludaknya para penonton yang menyaksikan pementasan jathilan Bekso Kyai Janti. Sepanjang jalan masuk yang difungsikan sebagai area parkir juga terlihat ramai dan penuh dengan kendaraan bermotor. 

Semoga jathilan Bekso Kyai Janti tetap mampu meramaikan khasanah berkesenian sebagai budaya asli warisan leluhur kita. [uth]

ukan saja sebatas warga padukuhan Janti yang antusias menyaksikan pertunjukan,kenyataannya banyak warga luar Janti sangat tertarik menyaksikan jathilan yang digelar dalam rangka lebaran

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.