Pasca Riyaya Berlebaran Tetap Bertani Kembali

Pasca puasa Ramadhan, momen lebaran Idul Fitri adalah hari yang ditunggu dan sekaligus sedikit "dibenci" oleh warga ini. Ditunggu karena bakal menjumpai hari kemenangan, dibenci lantaran akan ditinggalkan bulan suci Ramadhan.

Dan di pedukuhan Janti ini, moment "badan riyaya" lebaran Iedul fitri yang berisi kegiatan silaturahmi saling memaafkan tetap berjalan khidmat dalam beberapa hari. Saling berkunjung, saling menyediakan jamuan bukan saja sebatas makanan namun juga jamuan keramahan disediakan oleh insan-insan penghuni pedukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta

Sawah depan Polsek Nanggulan Kulon Progo
Acara syawalan juga dilaksanakan demi melengkapi kegiatan lebaran yang diprakarsai bersama pula antarwarga, baik itu pedukuhan Janti Lor XI ataupun Janti Kidul XII. Tak keinggalan event tirakatan juga digelar demi memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Semua kegiatan tersebut bisa berjalan lancar lantaran jalinan kerjasama ataupun gotong royong masih sangat melekat pada kehidupan sehari-hari warga lembah Menoreh ini.

Dan kali ini, meski baru dua minggu pasca hari H lebaran Idul Fitri, namun kegiatan bertani telah mulai giat dilakukan lagi tanpa merasa ada satu kendala dalam meramaikan kegiatan lainnya. 

Setelah musim lalu adalah penanaman palawija dan lahan pertanian dibiarkan sejenak, maka kegiatan bercocoktanam di wilayah Nanggulan, kali ini mulai menanam padi kembali.

Geliat para petani mulai terlihat bersamaan dengan mulai besarnya aliran air pertanian. Tanah-tanah persawahan mulai dicangkul dan dibajak kembali. Dibalik posisi tanahnya, dimana rerumputan yang sebelumnya telah tumbuh dibalik agar menjadi pupuk alami.

Selain mulai menanam bibit padi alias "nyebar winih," para petani juga mulai membenahi pematang-pematang sawah yang sudah tak rapi, nembok istilahnya. 

Begitulah kegigihan dan tidak cengengnya warga Nanggulan yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Semoga penghasilan padi mampu memberikan kesejahteraan hidup bagi semuanya. [uth]

Meski baru dua minggu pasca hari H lebaran Idul Fitri, namun kegiatan bertani telah mulai giat dilakukan lagi tanpa merasa ada satu kendala dalam meramaikan kegiatan lainnya

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.