Janti Nanggulan Kulon Progo Jelang Lebaran

Hari raya Idul Fitri memang masih sekira 4 hari kedepan, namun geliat warga Nanggulan semakin kentara dalam menyambut perayaan lebaran 1434 ini. Hal itu sebagaimana yang terlihat, baik itu dilakukan oleh warga yang ada di pedukuhan Janti ataupun masyarakat yang tinggal di pedukuhan lain seputar Menoreh.

Dan istimewanya, meski ini adalah hari perayaan bagi umat muslim, namun penyambutan lebaran Idul Fitri ini tak hanya sebatas dilakukan oleh warga  muslim. Lebih dari itu, umat non muslim juga turut memeriahkan penyambutan Lebaran di pedukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta.

Janti Nanggulan Kulon Progo jelang Lebaran
Beberapa warga pedukuhan Janti Nanggulan Kulon Progo
Kegiatan membersihkan pekarangan rumah, mengecat tembok pun dinding, dilakukan oleh kebanyakan para lelaki. Pun pergi berbelanja ke pasar tradisional, banyak yang menyerbu pasar serta warung untuk berbelanja demi membekali jamuan hari raya nanti. Ini lebih terlihat sebagai hari raya semua umat manusia, tanpa memandang keyaqinannya.

Sebagaimana keadaan Masjid yang sebulan penuh ini telah ramai dengan kegiatan peribadatan, tempat ibadah umat Nasrani berujud Kapel juga acapkali diramaikan umat untuk melakukan ibadah pula. Beginilah suasana kampung Janti dengan kebersamaannya tanpa ada yang merasa terganggu apalagi tersaingi.

Geliat para pemudik jelang Lebaran ini juga semakin terasa. Nampak jelas mobil dengan plat nomor luar kota diparkir di beberapa rumah warga. Hal itu menandakan bahwa para pemudik terlihat mulai memadati rumah tempat asal mereka, lahan bermain dahulukala, kampung leluhur mereka disemayamkan, tanah mereka dilahirkan.

Lebaran sebagai event kebersamaan dan momen penyucian, semoga memberikan hikmah pun barokah bagi sesama. 

Marhaban Ya Idul Fitri, selamat jelang Lebaran ya kanca..! [uth]

Istimewanya, meski ini adalah hari perayaan bagi umat muslim, namun penyambutan lebaran Idul Fitri ini tak hanya sebatas dilakukan oleh warga muslim. Lebih dari itu, umat non muslim juga turut memeriahkannya

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.