Pasang-Surut Waktu Pengerjaan Handycraft

Pertengahan tahun seperti saat ini adalah waktu yang dimiliki oleh para pegiat kerajinan. Menjadi pas untuk dimiliki oleh para pegiat kerajinan lantaran pada musim pertengahan tahun seperti saat ini kebanyakan tenaga kerja sangat bisa diandalkan.

Ya, tulisan kali ini masih menjadi sambungan dari bahasan jurnal sebelumnya di sini, bahwa handycraft menjadi salah satu sumber penghasilan yang dimiliki oleh beberapa warga pedukuhan di pedukuhan Janti. Jenis-jenis handycraft itu diantaranya adalah kerajinan tenun serta kerajinan anyaman berbahan dasar akar alam. 

handicraft janti nanggulan
Handicraft pemanis ruangan
Hampir semua sumber daya yang dimiliki oleh para pegiat handycraft adalah para pekerja lepas, karena mereka itu juga memiliki pekerjaan lain pada sektor pertanian juga. Oleh karenanya, tentu akan banyak menemui kekurangan waktu dalam pengerjaan handycraft ketika musim tanam dan musim panen padi tiba. Bahkan beberapa pelerja kerajinan tersebut pada masa perawatan kadangkala juga tak begitu full-time karena musti menyiangi padi di sawah.

Nah, pertengahan tahun adalah masa pergantian musim, dari musim hujan menuju kemarau. Sementara semua kelompok tani beserta pemerintah di area Nanggulan ini tetap setia menjalankan program pertanian yang telah berpuluh tahun menyepakati bahwa menuju musim kemarau programnya adalah menanam jenis tanaman "palawija"

Banyak jenis tanaman palawija yang tak terlalu membutuhkan waktu intensif dalam perawatannya. Maka dalam waktu yang tak intensif tersebut, bisa digunakan untuk lebih konsentrasi mengerjakan hal lain. Salah satunya adalah fokus di pekerjaan kerajinan a.k.a handicraft.

Musim pertengahan tahun ini tentu saja sangat dipetakan dan diagendakan oleh beberapa warga yang memang benar-benar menggeluti dunia handycraft. Karena hal yang bisa diandalkan keefektifan kinerja ya pertengahan tahun.

Handy craft Nanggulan Kulon Progo
Tas dari akar alam


Begitulah lika-liku dan pasang-surut waktu pengerjaan handycraft di pedukuhan Janti, Jatisarono Nanggulan Kulon Progo. Bukan perkara handycraft dan pernik-perniknya saja yang kudu diperhatikan, tetapi memetakan waktu adalah hal lain yang tak kalah pentingnya. Berbagi waktu pun kesempatan, karena beginilah siklus kehidupan di pedesaan. [uth]

Prtengahan tahun ini tentu saja sangat dipetakan dan diagendakan oleh beberapa warga yang memang benar-benar menggeluti dunia handycraft

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.