Masa Liburan Masa Pertunjukan Jathilan

Masa liburan masa pertunjukan jathilan. Begitulah yang terjadi di sebagian besar masyarakat sekitar wilayah Kulon Progo khususnya di wilayah Nanggulan.

Ya, kecamatan Nanggulan adalah salah satu wilayah di Kulon Progo Yogyakarta yang memiliki banyak grup kesenian seni tari jathilannya. Bahkan pada setiap desa boleh dibilang rata-rata terdapat 5 grup kesenian jathilan. Hanya saja kebanyakan adalah kesenian jathilan kreasi baru, hanya sedikit yang menampilkan jathilan klasik.

Dengan latar belakang seperti itu, bukan tidak mungkin pada setiap minggunya akan banyak terdengar suara tabuhan gamelan jathilan di beberapa desa wilayah Nanggulan. Sebagai contoh adalah di wilayah  pedukuhan JantiJatisarono Nanggulan Kulon Progo dengan grup seni jathilannya bernama Bekso Kyai Janti yang rutin latihan pada setiap hari Sabtu malam Minggu.

Ikhwal terdengarnya suara tabuhan gamelan jathilan setiap minggunya itu bisa dimaklumi. Karena itu adalah pertanda bahwa anak-anak penggiat seni jathilan sedang mengadakan latihan rutin demi mempersembahkan performa terbaiknya. Baik itu menyangkut kekompakan seni musik gamelan ataupun keluwesan gerak tari jathilannya.

Dalam berkesenian tentu saja musti selalu didukung, karena di sanalah letak budaya itu akan terkelola dan terrawat, yang selanjutnya kaidah "kearifan lokal" yang termaknai di dalamnya mampu teraplikasikan dalam pergaulan hidup sehari-hari. 

Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta
Jathilan Bekso Kyai Janti

---iiii---iiii---

Kembali pada tema masa liburan masa pertunjukan jathilan. 
Sejatinya masa liburan menjadi masa pertunjukan jathilan lantaran ada banyak warga yang berkehendak "nanggap" jathilan pada masa liburan ini. Hal itu disebabkan selain demi mengisi masa liburan, juga demi meramaikan hajatan yang kadangkala dilakukan pada masa-masa liburan seperti sekarang ini. Sebagai contoh adalah tatkala ada seorang anak dari salah satu warga sedang "disunat", maka pesta khitanan akan diramaikan dengan "nanggap" alias mengundang kesenian jathilan untuk tampil dan pentas menghibur warga sekitar, demi berbagi kebahagiaan tentunya.

Bukan saja pada warga yang menjadi bagian dari grup kesenian jathilan, namun tak jarang warga kampung sebelah juga mengundang grup seni jathilan guna tampil menghibur.

Itulah hiburan rakyat yang sebenar-benarnya. Tanpa gengsi sok mengunggulkan modernisitas namun tetap bangga mempersembahkan budaya akar yang ada dan lalu mengaplikasikan keakraban pun kebersamaan pada tetangga ataupun saudara-saudaranya.

Melihat geliat warga yang sangat antusias menyaksikan pertunjukan seni rakyat berujud jathilan tersebut, tentu kita akan merasa aneh jika teringat seorang pejabat yang sempat mengatakan bahwa jathilan adalah kesenian terjelek sedunia. Karena toh telah terbukti bahwa masa liburan adalah masa pertunjukan jathilan di sebagian wilayah yang dihuni rakyat lapisan terbawah ini. [uth]


Janti Nanggulan Kulon Progo
Gladhen Bekso Kyai Janti
'
*) Masa liburan masa pertunjukan jathilan

Masa liburan menjadi masa pertunjukan jathilan lantaran ada banyak warga yang berkehendak "nanggap" jathilan pada masa liburan in

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.