Handycraft Janti Nanggulan Kulon Progo

Sebagaimana telah beberapa kali dilaporkan,  pedukuhan Janti, Jatisarono Nanggulan Kulon Progo dihuni oleh beberapa warga yang berprofesi sebagai penggiat kerajinan. Selain Menoreh Handycraft, yang tak kalah menariknya ada juga Kindo Handycraft. 

Baik Menoreh Handycraft ataupun Kindo handycraft keduanya sama-sama berada di pedukuhan Janti, Menoreh Handycraft berada di janti Lor XI, sementara Kindo Handycraft berkedudukan di Janti Kidul XII. Dari keduanya ada beberapa kerajinan yang serupa, namun pada dasarnya diantara keduanya memiliki jenis kerajinan unggulan yang sedikit berlainan. Keduanyapun sama-sama memiliki perkembangan kemajuan yang tak bisa diremehkan.

Jika Menoreh Handycraft menggarap kerajinan yang kebanyakan berbahan dasar agel, maka sejatinya Kindo Handycraft juga memiliki karya serupa. Hanya saja yang membedakan, ketika Menoreh handycraft memiliki produk unggulan anyaman manual, maka KINDO Handycraft lebih memosisikan diri pada produk unggulan tenun.

Keduanya maju bersama, tanpa ada yang merasa dirugikan, bahkan kebanyakan harga juga tak ada bedanya. Keduanya memiliki pasaran masing-masing.

Kebersamaan saling menopang itulah yang akhirnya mampu menjadikan industri kerajinan di pedukuhan janti dan sekitarnya ini saling menguatkan.

Ketika aberbicara persamaan pada produk, maka hal yang tak jauh berbeda adalah pada kendala pun tantangan yang harus dihadapi. Salah satu contohnya adalah pada sisi 'maning' alias sumber daya manusianya. Karena sebagian pekerja industri kerajinan adalah para petani penggarap lahan persawahan, maka setiap musim panen dan tanam mereka lebih berkonsentrasi pada pekerjaan di sawah. Oleh karenanya tentu saja sisi produksi kerajinan baik di Menoreh Handycraft ataupun di KINDO Handycraft agak menurun pada musim panen ataupun musim bercocok-tanam dipersawahan ini. [uth]
 
Karya KINDO Handycraft Menoreh
Karya KINDO Handycraft

*) Gambar Ilustrasi "Handycraft Janti Nanggulan Kulon Progo" milik Ikanmasteri[dot]com

Menoreh Handycraft menggarap kerajinan yang kebanyakan berbahan dasar agel, maka sejatinya Kindo Handycraft juga memiliki karya serupa. Hanya saja yang membedakan...

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.