Janti Nanggulan Tak Jauh dari Pasar Godean

Janti sebagai nama kampung yang berada dibawah teritorial kkecamatan nanggulan boleh dikatakan termasuk pedukuhan yang berada di gugusan pinggir kali Progo. Mungkin karena Janti berada diwilayah yang mudah dijangkau karena akses jalannya yang berada di bagian muka. Padahal sejatinya masih ada satu kampung pedukuhan bernama Krinjing Jethis, yaitu satu kampung di sebelah timurnya yang persis memiliki area pinggiran kali Progo.

Pedukuhan Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo ini termasuk daerah yanng teramat mudah dijangkau menggunakan sarana perhubungan darat. Sebab akses transportasi darat memang sudah sangat memadai disini. Hanya saja untuk menggapainya lebih baik menggunakan sarana transportasi -kendaraan- pribadi, lantaran sarana transportasi publik masih terbatas volumenya, apalagi pada situasi malam hari.

Awalnya orang-orang membayangkan bahwa lokasi pedukuhan yang berada di wilayah Kulon Progo teramat jauh dan susah untuk digapai. Namun beberapa teman yang telah berkenan mengunjungi pedukuhan Janti, akhirnya merasa bayangannya itu tak sesuai kenyataan.

Pedukuhan Janti, Jatisarono Nanggulan Kulon Progo secara garis lurus mungkin hanya berjarak sekira 6 kilometer jarak udara, sementara jika ditempuh menggunakan jarat darak sekira 8 kilometer dari pasar Godean.

Dari perempatan lampu merah pasar Godean menuju arah barat sejauh 7 kilometer akan dijumpai perempatan Kentheng - Nanggulan, lalu belok arah kiri (selatan), maka sekira satu kilommeter lagi akan sampai di pedukuhan Janti, tepatnya Janti Lor XI, baru setelah itu berjejer Janti Kidul XII.

Jadi lebih jelasnya, jika dari pusat jantung kota Yogyakarta untuk menuju perkampungan Janti Nanggulan, Anda hanya tinggal berpatokan pada "Tugu landmark Jogjakarta", selanjutnya menuju arah barat, menempuh perjalanan sekira 17 kilometer. Lurus keluar outer-ringroad Demak Ijo, ketemu perempatan lampu merah Godean terus lurus, bertemu kembali perempatan lampu-merah Gedongan. Tak lama kemudia menjumpai jembatan kali Progo dan 300 meter setelahnya adalah lampu merah Kentheng, lanjut belok kiri arah selatan, sekira satu kilometer.

Janti Nanggulan tak jauh dari Pasar Godean, bukan..? [uth]

Perempatan Pasar Godean Yogyakarta
Pasar Godean Yogyakarta by Ikanmasteri


*) Janti Nanggulan tak jauh dari Pasar Godean

Dari pasar Godean arah barat sejauh 7km akan dijumpai perempatan Kentheng - Nanggulan, lalu belok arah kiri - selatan maka sekira 1km akan sampai di pedukuhan Janti

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.