Ulang Tahun Sanggar Ngrenas oleh Teman-Teman SMKI Jogjakarta

Acara pentas ulang tahun Sanggar Ngrenas oleh teman-teman SMKI Jogjakarta dipersembahkan pada khalayak pemirsa berbarengan dengan acara memeriahkan ulang tahun jathilan Bekso Kyai Janti hari Minggu 7 April 2013 lalu.
Sanggar Ngrenas SMKI Jogjakarta
Sanggar Ngrenas Janti Nanggulan

'
Sebagaimana telah dikutip pada jurnal sebelumnya, bahwa meski paguyuban kesenian jathilan Bekso Kyai Janti baru berusia satu tahun, namun sejatinya ada yang berusia dewasa pada perhelatan memperingati ulang tahunnya di Janti. Tak lain dan tak bukan adalah sanggar Ngrenas, dimana usianya telah menginjak angka 18 tahun.

Pada acara memeriahkan ulang tahun sanggar Ngrenas dan juga paguyuban jathilan BKJ itu, berbagai macam jenis seni tari telah disajikan oleh sanggar Ngrenas pimpinan Bapak Sunarto yang beralamat di pedukuhan Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta. Pertunjukan seni tari oleh sanggar Ngrenas tersebut dimulai sudah sejak pagi hari sekira pukul 8:30 dan berakhir tepat pada tengah hari, ketika Adzan Dhuhur berkumandang.
Sanggar Ngrenas SMKI Jogjakarta
Sanggar Ngrenas Janti Nanggulan Kulon Progo
'
Performing dari teman-teman penggiat seni di sanggar Ngrenas lumayan memukau, dimana telah banyak karya seni gerak koregrafi ditampilkan. Karya seni tersebut tentu saja bukan karya yang sepele lantaran tetap dibutuhkan daya kreativitas tinggi untuk mewujudkannya.

Sanggar Ngrenas SMKI Yogyakarta
Sanggar Ngrenas
Nilai budaya jelas terlihat pada persembahan karya seni tari oleh teman-teman sanggar Ngrenas. Di sanalah tergambar banyak macam karya sebagai ungkapan rasa, cipta dan karsanya. Di sana pula terlihat bahwa kita sebagai makhluk Tuhan ini masih teramat memiliki budi dan daya yang indah -sebagai akar budaya- dan pantas dinikmati oleh sesama manusia.
Gelar budaya seni tari oleh sanggar Ngrenas nampak indah dan lengkap karena pelakunya adalah juga mereka yang memang memiliki pendidikan pada seni tari, yaitu SMKI Yogyakarta.

Ya, selain penampilan kesenian jathilan Bekso Kyai Janti, kemarin itu ada juga pementasan  budaya ulang tahun Sanggar Ngrenas oleh teman-teman SMKI Jogjakarta.

Ketika penampilan jathilan Bekso Kyai Janti pada siang hingga sore hari cuaca diguyur hujan deras, maka tidak demikian situasi pada pementasan seni tari oleh Sanggar Ngrenas. Ketika sanggar Ngrenas perform di atas panggung, cuaca sangat cerah dan mendukung. Sehingga khalayak pecinta seni tari bisa menikmati sajian kesenian dengan hikmat dan nyaman.

Overall, pementasan dalam rangka memeriahkan ulang tahun jathilan Bekso Kyai Janti dan juga ulang tahun sanggar Ngrenas, semua bisa berjalan sesuai rencana. Pementasan jathilan cukup memukau dengan kreasi gerak dan seni gamelannya, begitu pula pementasan seni tari sanggar Ngrenas yang diperkuat oleh teman-teman SMKI Jogjakarta.
Sanggar Ngrenas Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo

'
Inilah sebentuk partisipasi kami, masyarakat lembah bukit Menoreh pada sisi budaya. Semoga kesenian tradisional kita tetap adiluhung dan jaya..! [uth]
Tari Ndolalak Sanggar Ngrenas Janti
*) Ulang tahun Sanggar Ngrenas oleh teman-teman SMKI Jogjakarta

Pentas ulang tahun Sanggar Ngrenas oleh teman-teman SMKI Jogjakarta, adalah sebentuk warga lembah Menoreh pada sisi budaya demi adiluhungnya seni tradisi

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.