Selamat Ulang Tahun Jathilan Bekso Kyai Janti dan Sanggar Ngrenas

Selamat ulang tahun jathilan Bekso Kyai Janti dan sanggar Ngrenas. Minggu 7 April 2013 ini, dalam pagelaran kesenian jathilan Bekso Kyai Janti, sederet kalimat selamat ulang tahun tersebut, telah didendangkan bersama-sama dan diiringi pula dengan alunan musik gamelan, dalam pagelaran kesenian jathilan Bekso Kyai Janti.

Kue ulang tahun jathilan Bekso Kyai Janti
Kue ulang tahun jathilan Bekso Kyai Janti
Ya, hari Minggu (7/4) dari pagi hingga petang, bertempat di kediaman Bapak Sunarto, Janti Lor XI, Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta, beberapa macam seni tari telah dipertunjukkan kepada khalayak. 

Pagelaran seni tari yang dipersembahkan kepada khalayak semenjak pagi hari itu adalah sebentuk karya dari teman-teman penggiat sanggar tari Ngrenas pimpinan Bapak Sunarto. 

Ada banyak penampilan di sana. Berbagai jenis tari dihadirkan sekira pukul 8:00 pagi hingga jelang tengah hari. Siang, bakda Dhuhur penampilan berganti. yaitu yang semula adalah performing dari sanggar Ngrenas langsung dilanjut dengan seni tari jathilan dari paguyuban Bekso Kyai Janti.

Tak jauh beda dengan sanggar Ngrenas yang telah menampilkan beberapa jenis tari, maka  jathilan Bekso Kyai Janti juga mengagendakan tiga babak pementasan. 

Sanggar Seni Tari Ngrenas Janti Nanggulan Kulon Progo
Sanggar Seni Tari Ngrenas
'
Hal yang tak sesuai harapan, namun kita juga tak kuasa menolaknya adalah bahwa tatkala babak pertama saja belum usai, hujan deras telah mengguyur rata di wilayah lembah Menoreh, termasuk pedukuhan Janti.

Hanya saja, meski hujan deras mengguyur bahkan hingga petang, namun pertunjukan tetap dilangsungkan, dan akhirnya juga tak menemui kendala yang berarti.

Tari Angguk (Ndolalak) oleh Sanggar Ngrenas - SMKI Jogjakarta
Tari Angguk (Ndolalak) oleh Sanggar Ngrenas - SMKI Jogjakarta
'
Hal paling menarik terjadi pada performa terakhirnya, yaitu saat babak ketiga ada simbolisasi ulang tahun jathilan Bekso Kyai Janti. Dimana pada pementasa babak ketiga tersebut, jathilan Bekso Kyai Janti juga melaksanakan acara ceremonial berupa pemotongan tumpeng, pemotongan kue, serta peniupan lilin tanda ulang tahun.

Dua jenis penampilan kesenian kali ini, baik seni tari dari sanggar Ngrenas ataupun seni jathilan dari Paguyuban Bekso Kyai Janti, adalah pementasan seni tari dalam rangka memperingati ulang tahunnya. Kalau Bekso Kyai Janti baru menginjak ulang tahun pertama, maka Sanggar Ngrenas telah menjadi dewasa, lantaran telah berulang tahun untuk kali yang ke-18.

Pentas ulang tahun 1 jathilan BKJ
Pentas ulang tahun ke-1 jathilan BKJ
'
Selamat ulang tahun jathilan Bekso Kyai Janti dan sanggar Ngrenas, semoga tetap sukses dan jaya. Selamat meneruskan tradisi leluhur yang memang perlu dirawat dan dijaga sebagai bagian budi dan dayanya manusia. Selamat menjaga kebudayaan semesta. ..! [uth]

*) Selamat ulang tahun jathilan Bekso Kyai Janti dan sanggar Ngrenas

Selamat ulang tahun jathilan Bekso Kyai Janti dan sanggar Ngrenas, semoga tetap sukses dan jaya. Selamat meneruskan tradisi leluhur yang perlu dijaga!

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.