Sanggar Ngrenas Janti Nanggulan Kulon Progo

Mungkin masih ada yang kurang jelas mengenai sanggar Ngrenas yang beberapa waktu lalu juga performing bersamaan dengan pentas ulang tahun jathilan. Ya, kalau Anda termasuk yang belum begitu paham, ada beberapa teman lain juga sempat menanyakan hal tersebut kepada jantixixii.com

Baiklah, sanggar Ngrenas merupakan wadah kesenian, khususnya seni tari yang dikelola, dipimpin, dan diaktifkan oleh Bapak Sunarto. Dimana Bapak Sunarto ini adalah juga seorang tenaga pengajar (guru) di Sekolah menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Yogyakarta, atau yang sekarang dikenal juga dengan nama SMK Negeri I Kasihan, Bantul, Yogyakarta.
Janti Nanggulan Kulon Progo
Sanggar Ngrenas
'
Sanggar Ngrenas mengadakan aktivitasnya yang beralamat di kediaman Bapak Sunarto, yaitu di Janti Lor XI, Desa Jatisarono, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, daerah Istimewa Yogyakarta.

Sanggar Ngrenas pimpinan Bapak Sunarto ini sejatinya telah ada belasan tahun lamanya, sementara pada tahun 2013 ini telah menginjak angka tahun yang ke-18. 

Mengenai aktivitas, secara rutin tiap hari Minggu di sanggar Ngrenas diadakan latihan menari, yang dilakukan oleh masyarakat sekitar, sementara mengenai eksistensinya, sanggar tari Ngrenas juga telah beberapa kali mementaskan seni tari di beberapa event. Baik event besar pun event kecil, sebagai slaah satu contoh adalah event pentas ulang tahun pada tanggal 7 April 2013 lalu.

Awalnya sebagai pengelola, Bapak Sunarto merasa tergerak untuk memberikan sumbangsihnya bagi masyarakat sekitar. Karena yang beliau pahami betul adalah mengenai snei tari, tentu kesenian tarilah yang beliau dedikasikan. Dan Sanggar Ngrenas itulah wujud kepedualiannya.

Sanggar Ngrenas nari Ndolalak
Sanggar Ngrenas SMKI
'
Delapan belas tahun telah dilewati. Artinya bukan waktu yang sebentar keberadaan sanggar Ngrenas di pedukuhan Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta ini berpartisipasi. Sudah cukup banyak yang diberikan pada khalayak dalam menunjukkan sebentuk budaya, sebagai budi dan daya manusia. Mengolah rasa, cipta, dan karsa, sebagai tonggak perikehidupan kita. 

Semoga kedepan sanggar Ngrenas di Janti Nanggulan ini tetap bisa mengikuti modernisasi, tanpa harus meninggalkan seni tradisi. Semangat...! [uth] 

Sanggar Ngrenas pimpinan Bapak Sunarto sejatinya telah ada belasan tahun lamanya, sementara pada tahun 2013 ini telah menginjak angka tahun yang ke-18

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.