Saksikan Pentas Ulang Tahun Pertama Jathilan Bekso Kyai Janti

Jurnal berjudul 'saksikan pentas ulang tahun pertama jathilan bekso kyai Janti' ini ditulis pada hari Sabtu, tanggal 6 April 2013. Artinya esuk hari, yaitu Minggu 7 April 2013 adalah hari pementasan kesenian jathilan bekso kyai Janti dalam memperingati ulang tahun pertamanya.

Bekso Kyai Janti
Bekso Kyai Janti
Berdasarkan penuturan dari Mas Ari, ikhwal terbentuknya paguyuban kesenian jathilan bernama Bekso Kyai Janti ini tak lain dan tak bukan demi mewadahi teman-teman muda yang ada di wilayah perdukuhan Janti dan sekitarnya. Dimana teramat banyak manfaat positive yang bakal diperoleh ketika ada kegiatan kesenian itu mampu berkembang. Contoh realnya adalah terlihatnya satu kegiatan berkesenian yang pada akhirnya mampu dipersembahkan kepada masyarakat dalam bentuk pementasan hiburan.

Paragraf quotation di atas adalah kalimat yang terkutip pada jurnal 'pementasan perdana jathilan bekso kyai Janti', tertulis hampir satu tahun lalu. Di sana dijelaskan bahwa awal terbentuknya grup seni tari jathilan di pedukuhan Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta ini hanya bermodalkan tekad serta semangat. Dimana tak ada materi yang sudah disiapkan kala itu, baik mengenai alat musik gamelan ataupun pakaian untuk perform.

Celeng jathilan bekso kyai Janti
Celeng jathilan bekso kyai Janti


Dan tahun 2013 ini, paguyuban kesenian jathilan setidaknya telah memiliki beberapa alat pendukung pementasan, diantaranya adalah kepemilikan alat musik berupa gamelan.

Tekad dan semangat itu masih tetap terpatri dalam benak teman-teman para pelaku kesenian jathilan di Janti. Beberapa penampilan telah membuktikan eksistensinya. Kegiatan latihan rutin juga bisa dijadikan bukti nyata kesungguhan teman-teman di Janti. Bukan itu saja, swakelola, swadaya, dan swakarsa tetap mampu dilakukan demi menopang keberlangsungan dan pengembangan paguyuban.

Ya, satu tahun mungkin masih belum cukup dijadikan sebagai tolok ukur ketahanan sebuah organisasi ataupun paguyuban. Namun minimal satu tahun ini telah bisa dijadikan patokan sebuah kegiatan yang bernafaskan kebersamaan. Berbagi dan bersinergi dalam seni, seni jathilan, bernama Bekso Kyai Janti.

Pengrawit jathilan bekso kyai Janti
Pengrawit jathilan bekso kyai Janti

Dan meskipun baru berusia satu tahun, namun kreasi yang telah dihadirkan telah tak terhitung banyaknya. Ada kreasi performa serta kreasi seni musik yang di handle oleh para pengrawit gamelannya, itu semua adalah hasil karya teman-teman penggiat kesenian jathilan Bekso Kyai Janti. 

Dari tari topeng jathilan, barongan dan rewo-rewonya, ada pula kehadiran celeng jathilan sebagai kreasi pun inovasi yang cukup membuat ramai karena memiliki daya tarik tersendiri bagi para penonton serta penggemar jathilan.

Lain dari itu, penampilan 'pawang jathilan bekso kyai Janti' sebagai pengendali jalannya pementasan juga tak bisa diabaikan begitu saja. Kenyataanya pedukuhan Janti juga memiliki pawang jathilan, sehingga semua penampilan yang pernah dihadirkan oleh grup jathilan bekso kyai Janti bisa berjalan lancar adanya.

Jathilan 'ndadi' (intrance) dan sedang ditangani sang pawang
Jathilan 'ndadi' (intrance) dan sedang ditangani sang pawang

Beberapa hari lampau telah diadakan gladi resik, sehingga tak ada kata lain untuk esok hari Minggu 7 April 2013, kecuali tetap semangat mempersembahkan yang terbaik kepada khalayak penggemar jatilan
 
Bagi Anda yang ada waktu, berkenan hadir, dan sekiranya Anda mampu menjangkau tempat acara pementasan, silakan saksikan pentas ulang tahun pertama jathilan bekso kyai Janti pada esuk hari, Minggu 7 April 2013.

Pada pementasan ulang tahun pertama jathilan bekso kyai Janti yang berlangsung di Janti Lor XI, Nanggulan, Kulon Progo kali ini, bukan saja kesenian jathilan yang akan dipersembahkan kepada Anda, akan tetapi ada pula pertunjukan lain, yaitu sebentuk kesenian tari yang akan dipersembahkan oleh teman-teman sanggar Ngrenas pimpinan Bapak Sunarto.

Selamat ulang tahun Bekso Kyai Janti, salam sukses selalu! [uth]

*) Saksikan pentas ulang tahun pertama jathilan bekso kyai Janti

Saksikan pentas ulang tahun pertama jathilan bekso kyai Janti pada hari, Minggu 7 April 2013, ada banyak performa kreasi dan inovasi seni di sana

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.