Jathilan Bekso Kyai Janti latihan intensif

Beberapa hari belakangan teman-teman penggiat kesenian jathilan Bekso Kyai Janti latihan intensif. Hal ini dilakukan demi mempersembahkan hasil terbaik pada pentas ulangtahun pertama BKJ yangakan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 7 April 2013 nanti.

Pentas tinggal menunggu waktu tiga minggu saja, artinya tinggal tiga minggu juga waktu yang tersisa untuk dimanfaatkan demi memantapkan performanya.

Pengrawit gamelan jathilan
Pengrawit gamelan jathilan Bekso Kyai Janti

'

Sejatinya pada waktu-waktu sebelumnya memang telah rutin dilaksanakan latihan, baik latihan gerak tari, lantunan lagu, ataupun perpaduan musik pun gamelannya. Sehingga latihan yang insentive inipun lebih pada pemantapan kekompakan antar personal.

Improvisasi gerak dan musik juga mulai diselaraskan, demi memperoleh hasil terbaik sehingga tercipta harmoni yang nyaman buat dinikmati. Dengan begitu, meski ini sebatas kesenian tradisional, namun bukan berarti tak memiliki daya kreativitas tinggi.

Bentuk kesenian jathilan bisa jadi teramat banyak di area Yogyakarta dan sebagian wilayah Jawa Tengah ini, akan tetapi jathilan Bekso Kyai Janti akan tetap berusaha menjadi lain dari lainnya. Akan berusaha mempersembahkan daya tarik berbeda kepada para penontonnya. Oleh karenanya kreasi serta inovasi sangat dibutuhkan demi mengimprovisasinya.

Harapan pada Jathilan Bekso Kyai Janti latihan intensif ini adalah agar bisa tetap lancar tak menemukan kendala hingga pentas ulang tahun pertamanya nanti.

Dengan latihan Jathilan Bekso Kyai Janti jelang satu tahun, semoga warga pedukuhan Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo mampu menjadi bagian warga yang berbudaya, yaitu tetap menjadi insan yang terus nguri-uri kabudayan leluhurnya! [uth]

Harapan pada Jathilan Bekso Kyai Janti latihan intensif ini bisa tetap lancar tak menemukan kendala hingga pentas ulang tahun pertamanya nan

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.