Jathilan Bekso Kyai Janti Jelang Satu Tahun

Jathilan Bekso Kyai Janti jelang satu tahun usianya. Hari ini adalah akhir pekan dan waktu sudah menunjukkan hari ke-8 bulan Maret 2013. Artinya sebentar lagi paguyuban seni tari jathilan bekso Kyai Janti akan berumur satu tahun.

Jathilan Bekso Kyai Janti in trance
Jathilan Bekso Kyai Janti in trance
.
Ya, tepat pada tanggal 1 April 2013 nanti, paguyuban jathilan bekso kyai Janti telah genap berusia satu tahun. Dimana secara resmi grup jathilan BKJ memang diikrarkan lahir spontanitas pada tanggal 1 April 2012.

Sebagaimana telah terkutip pada beberapa jurnal terdahulu, paguyuban kesenian jathilan yang beralamat di pedukuhan Janti Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta sejatinya memang merupakan bentuk paguyuban seni yang awalnya didasari atas rasa kebersamaan dan tanpa memiliki beban pun target. Putra-putra Janti pegiat kesenian tari jathilanpun dengan sukarela saling bahu-membahu nguri-uri bentuk kesenian lama yang boleh dibilang telah tak seramai jaman dahulu kala.


Jathilan Kreasi Baru Bekso Kyai janti
Jathilan Kreasi Baru Bekso Kyai janti
'
Wujud nguri-uri ataupun merawat kesenian jathilan tersebut tentu diselaraskan dengan kemajuan serta modernisitas masa kini. Jika dahulu masih ramai dengan jathilan klasik, maka jathilan klasik yang mulai ditinggalkan itu kini dikaji kembali, dan lalu dimunculkan dengan disertai daya kreativitas baru. Terbentuklah paguyuban seni jathilan kreasi baru (new creation), dengan nama Bekso Kyai Janti.

Jathilan Putri Bekso Kyai Janti
Jathilan Putri Bekso Kyai Janti

Dan meski belum genap satu tahun usianya, saat ini paguyuban seni tari jathilan Bekso Kyai Janti cukup memiliki nama dan lumayan dikenal oleh khalayak. Hal itu tentu tak bisa lepas dari sikap tanggap, daya kreasi pun ide inovasi semua pelaku yang ada di dalamnya.

Demi menyongsong  usia jathilan Bekso Kyai Janti jelang satu tahun, maka dalam beberapa hari kedepan akan kami sajikan sebagai bahan jurnal, dipersembahkan untuk Anda para pembaca situs jantixixii.com

Yang pasti, kita masih cukup bisa berbangga hati lantaran kenyataannya di tataran kalangan bawah (grassroot) masih sangat bersemangat dalam merawat budaya sebagai cikal-bakal keberadaan kita di sini. Masih ada sikap kemajemukan dalam menyatukan kinerja dan karya dalam bentuk budaya pun kesenian. 
Tetap semangat kanca..! [uth]

*) Jathilan bekso kyai Janti jelang satu tahun

Pada usia jathilan bekso kyai Janti jelang satu tahun ini memantapkan diri pula sebagai jathilan kreasi baru yang penuh inovasi di Menoreh Kulon Progo

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.