Jathilan Dengan Penthul dan Cepet

Ketika menjumpai pertunjukan kesenian jathilan dengan penthul dan cepet, yang terngiang tentu saja adalah topeng lain bernama bejer dan juga barongannya. Dan hal inipun sebenarnya juga pernah ditulis pada jurnal berjudul barongan dan rewo-rewo topeng jathilan.

Nah, kali ini agak lebih specific, kami ingin membahas sosok tari topeng pada jathilan bernama penthul dan juga cepet.

Topeng cepet
Topeng cepet jathilan

Tatkala Anda bertanya apa itu jathilan, maka sebenarnya pada jurnal terdahulu juga telah berulangkali disebutkan, bahwa jathilan adalah seni tari dengan menggunakan kuda kepang, dimana istilah jathilan ini memiliki kepanjangan dari jarane jan thil-thilan tenan (kudanya benar-benar bergerak tak beraturan).

Penthul Jathilan
Penthul Jathilan
Jathilan merupakan kesenian rakyat tradisional di seputaran Jogjakarta dan sebagian wilayah Jawa Tengah, berbentuk tarian kelompok yang dibawakan oleh beberapa penari. Bisa berujud penari laki-laki ataupun penari perempuan. Ada yang berdandan ala prajurit, ada yang berperan sebagai barongan, dan beberapa lagi adalah mereka yang pentas menari dengan menggunakan aksesoris topeng.

Meskipun arena pertunjukan pada kesenian tari jathilan diberikan batas pagar, akan tetapi pementasannya tetap dibutuhkan tempat yang luas dan cukup terbuka, dimana selain demi menampung para penonton, tempat luas ini juga disediakan agar para penari bisa bergerak leluasa serta tetap dinamis. Hal ini sangat perlu lantaran ketika penari sudah mengalami "ndadi" kesurupan alias "in trance" maka dibutuhkan ruang untuk mengendalikannya.

Kembali pada pokok bahasan seni tari jathilan dengan penthul dan cepet.

Saat ini kesenian Jathilan masih tetap hidup dan berkembang serta terpelihara dengan baik di beberapa tempat seputaran Yogyakarta. Salah satunya adalah Bekso Kyai Janti yang ada di pedukuhan Janti, Jatisarono, Nanggulan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun hampir semuanya telah memiliki kreasi baru, namun di beberapa tempat memiliki ciri khas sendiri-sendiri, diantaranya ada yang masih menggunakan kesenian jathilan klasik. Diantaranya jathilan dengan penthul dan cepet.

Topeng penthul jathilan
Topeng Penthul Jathilan
Penthul adalah topeng yang dikenakan dalam seni tari jathilan sebagai pasangan lucu bersama bejer. Ciri khas penthul adalah bergigi dua dan memiliki hidung menthul. Disebut pasangan lucu karena memang sejatinya keberadaan penthul bersama bejer ini untuk mencairkan suasana, dimana sosok lain banyak yang lebih berpenampilan serius atau bahkan menyeramkan.

Joget dan tarian penthul bersama bejer inipun lebih pada joget santai dan tak terpaku pada aturan. Karena sebagaimana sebuah peran yang kocak dan lucu, maka semau yang memerankannya, dengan catatan bisa lepas dan penuh improvisasi gerak tarinya.

Tampil keluarnya topeng penthul dalam pertunjukan, selain bersama bejer, juga bersama barongan dan pasangan barongannya, yaitu cepet.

Cepet Jathilan
 Cepet Jathilan

Cepet sendiri sebenarnya lebih memiliki peran yang konyol namun menyeramkan. Dimana cepet ini dalam pementasannya membawa senjata berbentuk arit memiliki maksud tertentu. Maksud dari cepet membawa arit adalah bahwa dia sebagai pasangannya barongan yang pada sisi lain juga menjadi simbul pekerja keras. Nuntun barongan membawa beban dan arit yang digunakan adalah alat yang melambangkan bahwa cepet ini penggembala barongan.

Peran konyol pada cepet lantaran dia didefinisikan jarang berkomunikasi dengan manusia, namun lebih sering komunikasi dengan hewan yang berujud barongan. Sedangkan peran menyeramkan, lantaran sang cepet juga bisa galak dan bengis kepada siapa saja, apalagi kalo barongan tak mau menuruti apa kemauannya.

Dengan kepribadian seperti itulah maka topeng cepet dikondisikan seram dan menakutkan namun juga memiliki rambut gimbal. Gerak tarinya juga terlihat spontan serta konyol. [uth]

*) Jathilan dengan penthul dan cepet

Peran konyol pada cepet lantaran dia didefinisikan jarang berkomunikasi dengan manusia, namun lebih sering komunikasi dengan hewan yang berujud barongan

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.