Nanggulan Kulon Progo telah memasuki masa tanam padi

Di beberapa persawahan wilayah Nanggulan Kulon Progo telah memasuki masa tanam padi. Ya, masa tanam kali ini dilakukan pada waktu normal, yaitu dimulai  setelah akhir bulan Desember 2012 lalu sebagian warga Janti telah menjalani derep alias masa panen padi.

Dikatakan waktu normal karena tak mengalami jeda waktu sebagaimana jika musim kemarau tiba, yaitu tepatnya setelah masa tanam palawija.
.
Nangguulan Kulon Progo tanam padi
Hamparan tanah persawahan padi
Sebagaimana yang sudah berlangsung lebih dari 20 tahun, sistem tanam pada pertanian yang diterapkan di wilayah seputar Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo dalam satu tahun adalah: dua kali tanam padi disusul satu kali tanam palawija.

Ada banyak manfaat pada penerapan pertanian yang dilakukan berdasarkan pembagian waktu dan jenis tanaman di Nanggulan Kulon Progo ini. Dua kali tanam padi dan yang ketiganya adalah tanaman palawija mengandung maksud selain demi menjaga keselarasan tanah pertanian, juga demi mengikti musim yang sedang berjalan. Masa tanam padi biasanya dilaksanakan pada saat persediaan air cukup melimpah, yaitu seputar musim hujan. Sementara penerapan tanaman palawija adalah ketika debit air berkurang, yaitu tatkala musim kemarau tiba.

Polsek Nanggulan Kulon Progo
Hamparan pertanian depan polsek Nanggulan
Sebenarnya secara geografis, sebagian wilayah Nanggulan, termasuk didalamnya yaitu seputar wilayah pedukuhan Janti, Jatisarono adalah area yang tak begitu susah memperoleh pengairan, lantaran saluran irigasi juga telah tersedia dengan baik. Dimana pasokan air itu memang lumayan tercukupi karena bersumber dari Kali Progo yang dialirkan melalui wilayah Kalibawang, sebelah utara Nanggulan.

Nah, pola tanam dua kali padi plus satu kali palawija diterapkan dengan maksud demi menyediakan waktu perawatan saluran irigasi. 

Tanaman palawija tak begitu butuh banyak aliran air, sehingga ketika masa tanam palawija itu saluran irigasi juga dikeringkan. Pada saat itulah perawatan saluran irigasi dilaksanakan. Ada bagian saluran selokan yang rusak, jembatan yang mulai tak layak, dan hal-hal lainnya, maka perbaikan dilaksanakan pada musim tanam palawija ini.

Nanggulan Kulon Progo telah memasuki masa tanam padi, dimana masa tanam kali ini adalah masuk musim penghujan. Persediaan air diwilayah kaki bukit Menoreh ini tentu saja cukup berlimpah. Nah karena terlalu melimpah inilaah, maka tetap dibutuhkan usaha agar tak terjadi kelebihan air, dimana hal itu bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerugian pada pihak petani.
.
Masa tanam padi di Nanggulan Kulon Progo
Ndaut, mencabuti dan menyiapi bibit padi
Semoga musim tanam padi atau yang lebih terkenal disebut sebagai "tandur" di wilayah Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta  kali ini bisa berjalan lancar hingga musim panen berikutnya tiba dengan hasil yang menggembirakan. [uth]

*) Nanggulan Kulon Progo telah memasuki masa tanam padi

Nanggulan Kulon Progo telah memasuki masa tanam padi, dimana masa tanam kali ini adalah masuk musim penghujan

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.