Nanggulan Siap Panen Padi

Beberapa hari lagi warga petani di kecamatan Nanggulan siap panen padi. Ya, kalau akhir bulan Okotober 2012 lalu jantixixii.com melaporkan tentang aktivitas pertanian di Janti Nanggulan yang kala itu masih dalam tahap masa rawat pasca masa tanam, maka pada awal Desember 2012 ini untuk pertanian di wilayah kecamatan Nanggulan sudah siap memanen padinya.

Padi di Jatisarono
Air sudah dikeringkan di persawahan
Beberapa hari terakhir saluran irigasi di wilayah kecamatan Nanggulan, tepatnya di seputaran Kelurahan Jatisarono, Kelurahan Kembang, ataupun Kelurahan Wijimulyo telah diperkecil aliran airnya. Hal itu dilakukan dengan alasan bahwa di wilayah-wilayah tersebut sudah tak begitu banyak butuh air, khususnya guna mengairi pertanian padi.

Selain Kecamatan Kalibawang, sebagian wilayah di kecamatan Nanggulan memang sangat potensial untuk dipetakan sebagai salah satu area agroindustri di wilayah kabupaten Kulon Progo. Dimana masih teramat banyak lemah mlumah alias tanah datar menghampar di area lembah kaki bukit Menoreh ini.

Lemah mlumah di kaki Menoreh pinggiran Kali Progo ini termasuk tanah persawahan di pedukuhan Janti, Jatisarono, Nanggulan.

Dilihat dari tahun ke tahun bersyukur bahwa hasil panen padi yang diperoleh oleh warga di wilayah kecamatan Nanggulan tak mengalami kemerosotan. Paling pahit masih sebatas hasil sama dengan musim panen sebelumnya.
Hal itu tak terlepas dari peran aktif semua warga dalam menjalin kebersamaan dengan sesama petani, ataupun kebersamaan antarpetani dengan petugas lapangan dari pemerintahan.
.
Hamparan padi di Sawah Nanggulan
Hamparan padi di wilayah Nanggulan, Kulon Progo

'
Nanggulan siap panen padi
Nanggulan siap panen padi
Banyaknya kelompok paguyuban tani juga sangat memberikan manfaat kepada warga. Lantaran setiap ada informasi sedikit-banyak bisa lebih mudah tersampaikan. Baik menyangkut program pemerintah ataupun program antar warga petani sendiri. Diantaranya adalah mengenai tersedianya informasi pupuk, informasi saluran irigasi, ataupun informasi kegiatan petani dalam membasmi hama tanaman.

Kekompakan dalam membasmi hama tanaman itu secara real bisa dicontohkan dengan sering adanya kegiatan gropyokan tikus pada waktu tertentu. Sementara mengenai informasi pupuk serta irigasi biasanya tersampaikan lewat pengurus paguyuban tani, ataupun melalui personal petugas pemerintahan yang acapkali datang menyambangi para petani.

Setelah tiga bulan masa tanam plus masa rawat, dan saat ini padi sudah mulai menguning. Harapannya, sebentar lagi, sebagian warga petani di lingkungan Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta bisa memperoleh hasil panen yang meningkat, sehingga banyak warga mampu sedikit tersejahterakan. [uth]

*) Nanggulan siap panen padi

Sebagian warga petani di lingkungan Janti, Jatisarono, Nanggulan siap panen padi setelah masa tanam plus masa rawat. Harapannya bisa memperoleh hasil panen yang meningkat, sehingga warga mampu sedikit tersejahterakan

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.