Pawang Jathilan Bekso Kyai Janti

Sebagai kampung yang memiliki paguyuban kesenian jathilan bernama Bekso Kyai Janti tentu saja Pedukuhan Janti juga memiliki para personil yang biasa menjadi pawang jathilan. 

Pawang Jathilan BKJ (Bekso Kyai Janti)
Ya, memang benar adanya bahwa ada beberapa warga Pedukuhan Janti, Desa Jatisarono, Kecamatan Nanggulan, yang telah lama menggeluti profesi sebagai pawang jathilan. Mereka yang menggeluti pawang jathilan itu bukan saja membidani pementasan jathilan di Janti, lebih dari itu beberapa dari mereka juga sempat menjadi pawang jathilan di tempat lain, baik itu yang masih berlokasi di kawasan MenorehKulon Progo pun di luar Kulon Progo. Mereka itu diantaranya adalah mBah Gondrong Gadib, mBah Nduwok, dan mBah Barji.

Sejatinya secara bleger pun umur sosok-sosok mereka itu belum pantas kalau musti disebut sebagai "mbah", 'simbah', ataupun "kakek". Akan tetapi sengaja kami menyebutnya dengan julukan Mbah karena memang keberadaan mereka di pementasan jathilan BKJ (Bekso Kyai Janti) teramat penting untuk di-embah-kan alias dituakan.

Jathilan Putri Bekso Kyai Janti
Sebagaimana pernah tertulis pada jurnal terdahulu, yaitu mengenai asal-usul jathilan, diterangkan bahwa jathilan merupakan jenis kesenian yang menyatukan antara unsur gerakan tari dan unsur magis, dimana pementasannya dilengkapi dengan properti berupa kuda-kudaan alias jaran-jaranan yang terbuat dari kepang (anyaman bambu), sehingga jatilan acapkali juga dinamakan sebagai jaran kepang.

Nah ketika Anda menyimak artikel terdahulu yang membahas mengenai apa itu jathilan, maka akan Anda temui bahwa jathilan itu berasal dari kata jaranne jan thil-thilan tenan. Bisa didefinisikan bahwa jathilan adalah seni tari yang ketika berpentas kudanya  sangat -"thil-thilan"- tak beraturan.

Kenapa bisa terjadi jaranne jan thil-thilan tenan..? Hal itu bisa terjadi tak lain dan tak bukan lantaran sang penari kudakepang telah 'ndadi' alias telah kerasukan roh halus sehingga efek magis sedikit banyak juga turut berperan dalam proses menari.

Pawang jathilan on stage

Sehingga pada posisi thil-thilan serta tak sadarkan diri itulah keberadaan seorang pawang jathilan sangat dibutuhkan. 

Mbah Nduwok
Selain para penari serta para pengrawit (pemain gamelan), pawang jathilan adalah sosok sangat penting dalam pementasannya . Dimana tugasnya juga bukanlah hal yang bisa diremehkan. Peran utama seorang pawang jatilan adalah sebagai pengontrol sekaligus pengatur pertunjukan serta penjamin keselamatan para penarinya. Kenapa bisa begitu..? Karena di lain sisi secara magis seorang pawang jathilan adalah juga sosok "pengendali" roh-roh halus yang merasuki pemain pada pementasan jathilan.

Mungkin akan sangat enak tugas sang pawang kalau penari masih sebatas menari teratur dan tidak kerasukan. Akan tetapi namanya bukan seni jathilan, seni kuda kepang, pun seni kuda lumping kalau tidak terjadi "ndadi" alias kerasukan tak sadarkan diri. Nah sehubungan dnegan hal itu, ketika pentas berlangsung tugas dari pawang jathilan adalah menyadarkan dan atau mengeluarkan roh halus yang membuat para penari menjadi "ndadi" tak sadarkan diri. 

Mbah Gondrong Gadib
Bukan hanya itu, seorang pawang jathilan juga dituntut bisa menari dan berjoget lantaran ketika para pemain jathilan sedang tak sadarkan diri dan hanya berlaku diam maka sang pawang jathilan jugalah yang wajib berperan mengajak dan menuntunnya untuk melanjutkan menari.

Sebagaimana pawang jathilan di tempat lain, pawang jathilan BKJ - Bekso Kyai Janti memiliki tugas bukan saja sebatas pada saat pementasan berlangsung, akan tetapi bada pula ritual khusus yang dilakukan para pawang jathilan sebelum pertunjukan berlangsung, dimana keberadaan syarat 'ubarampe' juga tak boleh ketinggalan demi melengkapi ritual. Bahkan ubarampe juga harus tetap tersedia ketika pertunjukan dilangsungkan. Wujud ubarampe itu diantaranya adalah tumpeng, sega golong (nasi bulat), dupa, air kembang, dan semacamnya. [uth]


*) Pawang jathilan bekso kyai janti

Selain para penari serta para pengrawit (pemain gamelan), pawang jathilan adalah sosok sangat penting dalam pementasannya . Dimana tugasnya juga bukanlah hal yang bisa diremehkan. Peran utama seorang pawang jatilan adalah sebagai pengontrol sekaligus pengatur pertunjukan

Post a Comment

Kelixz Bazz said... 21 August 2013 at 13:33
This comment has been removed by the author.
Kelixz Bazz said... 21 August 2013 at 13:43

Gan....ane kenal salah satu pawangnya yang namanya mbah barji....kayaknya tinggal di perbukitan ndawetan atas pasar sribit ya gan???

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.