Gotong Royong Kerjabakti di Janti Nanggulan

Aksi sosial gotong-royong kerjabakti masih tetap terpelihara di kawasan pedukuhan Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gotong-royong kerjabakti
Gotong-royong kerjabakti
Ya sebagai daerah yang berbudaya dan masih menjunjung kebersamaan sebagai warisan terbaik, maka masyarakat di Pedukuhan Janti masih tetap menjunjung tinggi tradisi gotong-royong. Sebagaimana tercermin pada kegiatan sosial berupa kerjabakti yang dilakukan banyak warga pada program perbaikan jalan setapak.

Pada hari Minggu tanggal 28 Oktober lalu telah dilaksanakan perbaikan jalan setapak di kawasan pedukuhan Janti, baik Janti Lor maupun Janti Kidul. 

Kegiatan kerja bakti tersebut lumayan memperoleh sambutan nyata dari para warga yang turut terjun langsung ke lapangan guna melakukan perbaikan jalan. Dan sebagaimana biasanya, tanpa harus menunggu komando setiap warga sudah mengerti kapasitasnya masing-masing dalam memberikan kontribusinya. 

Gotong-royong kerjabakti
Pak Dukuh Dultaqim bersama warga
Inilah bentuk swadaya masyarakat pedukuhan Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo. Dimana selain wujud kebersamaan, secara otomatis kedepannnya ada bentuk pertanggungjawaban sama yang bakal dipikulkan kepada masyarakat juga. Selain rasa bangga dengan hasil kerjanya, minimal setiap warga juga merasa memiliki tanggungjawab sama dalam merawat, lantaran itu adalah hasil kerja yang mereka hasilkan.

Dan bukan wujud nyata pada hasil kerjanya saja. Kegiatan kerjabakti nyatanya juga memiliki manfaat lebih bagi setiap warga masyarakat untuk saling berinteraksi secara akrab lantaran tiada pembatas yang menghalanginya.

Terkutip dari pembicaraan dengan Bapak Dukuh Dultaqim, program perbaikan "jalan setapak" di lingkungan pedukuhan Janti ini sebesar tiga juta rupiah bersumber dari bantuan  Dana Alokasi Desa, sementara selebihnya dari tiga juta rupiah itu adalah murni dari swadaya masyarakat. [uth]

~Gotong-royong kerjabakti di Janti Nanggulan

Gotong-royong kerjabakti di Janti Nanggulan memiliki manfaat lebih bagi setiap warga masyarakat untuk saling berinteraksi secara akrab lantaran tiada pembatas yang menghalanginya

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.