Aktivitas Pertanian di Janti Nanggulan

Aktivitas pertanian tentu saja masih menjadi kegiatan rutin sebagian warga masyarakat  pedukuhan Janti. Lantaran pedukuhan Janti, kelurahan Jatisarono adalah wilayah yang kanan-kirinya memiliki area persawahan. 

Sawah berlatarkan Menoreh (taken by Maztrie)
Selain di sebelah timur serta selatan (tenggara) dari pedukuhan Janti, ada juga area persawahan di bagian barat pun sebagian tengah pedukuhan Janti Lor. Pada bagian barat, persawahan Janti bernama sawah Ndaleman yang juga bersebelahan dengan Sahgedhe (Sawah Gedhe), dimana keduanya memiliki latar belakang pegunungan Menoreh.

Untuk Janti Lor kami sebut area persawahannya ada dibagian tengah lantaran memang keberadaannya juga membelah pedukuhan Janti Lor. Oleh karenanya selain ada Janti Lor XI ataupun Janti Kidul XII, maka ada pula istilah Janti Lor Sawah pun Janti Kidul Sawah.

Meskipun berbeda area, persawahan di seputaran Pedukuhan Janti mengalami musim tanam yang tak jauh berbeda, begitu pula musim panen tiba. Hal ini tak bisa lepas dari keberadaan saluran irigasi yang lumayan sudah tertata baik, yaitu dengan adanya aliran air dari Kali Progo yang curahkan dari wilayah Kecamatan Kalibawang menuju ke selatan.

Sawah Ndaleman Janti
Sawah Ndaleman
Keberadaan sarana irigasi tersebut memang sangat mendukuk proses cocok tanam di sebagian wilayah yang dialiri air, termasuk diantaranya adalah area persawahan di lingkungan Janti. Akan tetapi bukan berarti jenis bercocoktanam yang dilakukan hanyalah penanaman padi saja, lain dari itu tetap ada penjadwalan jenis tanaman yang diprogramkan oleh instansi terkait dan selanjutnya diterapkan warga pegiat pertanian.

Pada musim kemarau dimana air tak begitu gampang mengalir, biasanya diterapkan sistem tanam palawija. Bis aitu berujud jagung, kedelai, pun kacang-kacangan serta umbi-imbian. Namun ketika air sudah lebih mudah dialirkan, tanaman padi adalah jenis cocok-tanam yang acapkali dilakukan. Oleh karenanya kawasan Nanggulan (yang di dalamnya juga termasuk pedukuhan Janti) juga dikenal sebagai sentra penghasil padi (beras).

Pada bulan ini  aktivitas pertanian di area persawahan Pedukuhan Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo sedang dalam proses "menyiangi" a.k.a matun.

Semoga nanti mampu memetik hasil panen sesuai harapan. [uth]

*) Aktivitas pertanian

Pada akhir Oktober ini aktivitas pertanian di Janti Nanggulan sedang dalam proses perawatan "menyiangi" a.k.a matun

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.