Pamitan haji adalah judul dari sebuah undangan yang diterima sebagian warga pedukuhan Janti, dimana warga penerima undangan tersebut diharapkan kedatangannya di Masjid Al Falaq pada hari Jumat, tanggal 21 September 2012, tepatnya selepas bakda Sholat Jumat.

Undangan Pengajian Pamitan Haji
Sebagaimana tertera pada undangan pertanggal 9 September tersebut, diperoleh keterangan bahwa bertempat di serambi Masjid Al Falaq Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta akan diselenggarakan Pengajian Pamitan Haji (walimatul Safar), di mana acara inti pengajian akan diisi ceramah oleh Drs. KH. Bardan Usman, M.Pd.I yang berasal dari Gunung Kidul.

Selain diketahui oleh Ketua Takmir Masjid yaitu Bapak Ngatijan Hadi Prayitno, maka sebagai ketua panitia pada acara Pengajian Pamitan Haji adalah Bapak Ngadimin Siswo Sugito, sementara sekretarisnya adalah Bapak Rudy Prakanto.

Jika merujuk pada tema acara pengajian adalah Pamitan Haji a.k.a Walimatul Safar, oleh karenanya sudah barang tentu ada yang bakal berangkat haji. Nah lalu siapa yang bakal berangkat menunaikan ibadah haji di lingkungan Masjid Al Falaq Janti, Kelurahan Jatisarono, Kecamatan Nanggulan, Kabuopaten Kulon Progo...?

Ya, tercatat ada empat nama warga yang turut mengundang sebagai calon Jamaah haji, yaitu;
  1. Bapak Drs. Johar Mustafa
  2. Ibu Simpen Warso Sugito
  3. Bapak Sumarsudi
  4. Ibu Suminem
Dua nama, yaitu Bapak Johar dan Ibu Simpen, tercatat sebagai warga pedukuhan Janti Kidul XII. Sementara dua nama lagi, yaitu Ibu Suminem dan Bapak Sumarsudi adalah warga pedukuhan Janti Lor XI. 

Nama-nama Calon Jamaah Haji
Tatkala diselenggarakan pengajian para jamaah di Masjid Al Falaq, tentunya ada do'a yang dipanjatkan oleh para warga Janti, baik doa keselamatan kepada calon Jamaah Haji yang hendak menunaikan perjalanan ibadahnya, ataupun doa keberkahan yang dipanjatkan kepada sesama warga.

Nah harapan utama dari doa tersebut tentunya bagi calon Jamaah Haji yang berpamitan, nanti bisa kembali dengan selamat membawa gelar Haji pun Hajjah yang mabrur serta memberikan berkah. Menjadi Haji pun Hajah yang menerapkan kemaslahatan sekitar dengan dilambari sikap serta sifat Rahmatan Lil 'Alamin, bukan hanya sebatas Haji/Hajah yang ada kemampuan financial lantaran telah berhasil pergi ke tanah suci. Amin.

Susunan acara yang akan digelar pada pengajian pamitan haji di serambi Masjid Al Falaq tersebut setelah pembukaan, maka akan dilanjutkan dengan Kalam Wahyu Ilahi, disambung sambutan Ketua Panitia, dan juga ada sambutan dari Bapak Camat. Sebelum menuju acara inti Pengajian akan dilakukan pula pamitan para calon Jamaah Haji secara simbolik, sementara setelah pengajian inti langsung menuju acara penutup. [uth]

 
Top

Janti XI XII

Jantixixii.com bukan merupakan situs resmi Pemerintahan.

Jantixixii.com adalah situs yang dibangun secara swadaya serta dirawat secara swakelola sebagai media guna menampung serta mendokumentasikan segala pernik kehidupan utamanya yang berhubungan dengan masyarakat pedukuhan Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jantixixii diambil dari gabungan nama pedukuhan Janti Lor serta Janti Kidul, dimana Janti Lor di kenal pula dengan istilah Janti XI, sementara Janti Kidul disebut juga sebagai Janti XII.

>> Baca selengkapnya...

Sarana dan Prasarana

Bisnis dan Jasa

uth