Seleksi Kabag Pendapatan Desa Jatisarono diulang

Seleksi Kabag Pendapatan Desa Jatisarono  yang telah berlangsung pada tanggal 17 Juli 2012 lalu dan diikuti oleh lebih dari duapuluh orang peserta akhirnya diulang.
Seleksi Kabag Pendapatan Desa Jatisarono diulang lantaran masih terdapat banyak pihak yang tidak terima dengan seleksi yang sudah ada, dimana ada kecurigaan pada hasil akhir penilaian.

Agus 'Bundhel' Sutarno, salah satu kandidat (dari Janti)
Kecurigaan pada hasil akhir itu ditujukan kepada peserta atas nama Tri Supadmi Rini H kandidat asal Pedukuhan X Nanggulan yang sekaligus juga istri Bapak Muji Kurniawan Nugroho yang menjabat sebagai Kepala Desa (Lurah) di  Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari soal yang disodorkan, Tri Supadmi  mampu meraih angka penuh, yaitu hampir 100% jawabannya benar. Padahal peserta lainnya hanya memiliki nilai berkisar antara 40% sampai dengan 60% saja. Sebagai contoh adalah Agus Sutarno (kandidat dari Pedukuhan Janti, Jatisarono) yang menjadi nomor dua setelah Tri Supadmi nilainya masih ada di rata-rata 60.

Dari kejadian dan perbandingan angka  yang sangat mencolok tersebut, akhirnya ada kecurigaan kecurangan serta dugaan nepotisme mewarnai ajang seleksi Kepala Bagian Pendapatan Desa Jatisarono, Nanggulan ini. Hingga selanjutnya salah satu kandidat -dan didukung oleh kandidat lain- yang tidak puas mengadukan hal tersebut ke DPRD dan Wakil Bupati Kulon Progo.

Ada banyak profesi yang digeluti oleh warga-masyarakat Jatisarono yang secara geografis terletak di lembah Menoreh. Dan ketika dikonfirmasi, memang kenyataannya terdapat bermacam-macam penuturan dari berbagai pihak lapisan masyarakat tersebut. Namun rata-rata penuturannya hampir serupa. Bahwa sejatinya siapapun nanti yang terpilih menjadi Kabag Pendapatan Desa Jatisarono tidak menjadi masalah, karena toh kebenarannya semua berkehendak membangun Desa Jatisarono secara bersama-sama dengan azas musyawarah pun tindak gotong-royong. Akan tetapi, dalam pemilihan kandidat seyogyanya juga dihindari cara yang tidak fair.

Dan karena kenyataannya indikasi ketidak-fair-an itu bisa dilihat dari hasil angka yang ada di seleksi tanggal 17 Juli 2012 silam, maka kesepakatan yang dicapai adalah "bahwa akhirnya Seleksi Kabag Pendapatan Desa Jatisarono diulang", soal waktu pengulangannya masih menunggu keputusan berikutnya. [uth]


*) Seleksi Kabag Pendapatan Desa Jatisarono diulang

Seleksi Kabag Pendapatan Desa Jatisarono diulang lantaran masih terdapat banyak pihak yang tidak terima dengan seleksi yang sudah ada, dimana ada kecurigaan pada hasil akhir penilaian

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.