Kindo Handycraft

Kindo Handycraft adalah nama sebuah usaha yang ada di pedukuhan Janti Kidul XII, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo.

Tenun tradisional handycraft
Tenun tradisional KINDO Craft
Usaha yang dimotori oleh Dwi Santoso ini sekitar setahun lalu -tepatnya pada hari Kamis 28/07/2011-  lalu telah kedatangan tamu seorang desainer ternama asal Jakarta dan juga Inggris, dialah Oscar Lawalata dan Justin Smith.

Kunjungan mereka berdua ke Kindo Handycraft adalah dalam rangka melihat langsung ke lapangan kegiatan membuat kerajinan yang ada di kindo handycraft Janti, Nanggulan, Kulon Progo. Hal ini dilakukan demi mencari bahan baku guna menunjang karya-karya mereka berdua, dimana kedepan karya mereka rencananya bakal diikutkan pada pagelaran Jakarta Festival Week.

Karena sudah sejak remaja Oscar menggeluti dunia fashion, maka kali ini ada tantangan tersendiri ketika dia dan temen Inggrisnya itu berkehendak memantik bahan dasar baju berupa serat alam yang banyak ditemui di wilayah , Nanggulan
Kulon Progo, Yogyakarta.

Saat sampai di workshop kindo handycraft, Oscar Lawalata menyempatkan diri juga untuk mencoba Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Setelah merasakan sensasi tenun ATBM, Oscar mengatakan sangat takjub dengan kinerja masyarakat pedukuhan Janti, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo dalam menggeluti kerajinan serat alam ini.

Kindo Craft Nanggulan Kulon Progo
Kindo Handycraft

Enceng gondok dan agel yang merupakan bahan akar alam dalam pembuatan kerajinan di KINDO Handycraft menjadi titik bidik dua designer kenamaan itu. Hal ini dilakukan mereka berdua lantaran ada keinginan, baik dari Oscar Lawalata ataupun Justin Smith untuk mengangkat kerajinan berbahan-dasar akaralam ini menuju dunia internasional.  

Masih menurut Oscar, apabila pengangkatan kerajinan berbahan alam ke dunia luar itu berhasil terwujud, maka tidak menutup kemungkinan kedepannya akar alam tidak hanya sebatas dijadikan sebagai bahan dasar kerajian tradisional. Melainkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan  baju serta topi, sehingga mampu mencapai hasil maksimal karena nilainyapun mampu terdongkrak. [uth]

Kindo Handycraft adalah nama sebuah usaha kerajinan tenun yang dimotori oleh Dwi Santoso, bertempat di pedukuhan Janti Kidul XII, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo.

Post a Comment

[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.