Sarana Umum


Sarana Umum

Sekolah

Selain SD, sarana umum yang diakomodasikan guna menunjang bidang pendidikan, sebenarnya dahulu  ada juga sebuah SMA yang cukup terkenal, namanya SMA Marsudiluhur II Nanggulan. Yaitu Sekolah Menengah Atas (SMU pada saat sekarang ini) yang berada dibawah yayasan Marsudiluhur.

Perlu diketahui juga bahwa dahulu selain ada SMA Marsudiluhur, di wilayah Ibukota Kecamatan Nanggulan ada pula SMA Sanjaya yang berdiri di komplek Gereja Katolik, Karang. Sementara sebagai Sekolah Kejuruan ada SMEA Taman Siswa di sebelah timur kantor Kecamatan Nanggulan. Nah, sampai saat ini hanya tinggal SMEA Taman Siswa inilah yang masih melakukan keberlangsungan dalam kegiatan belajar-mengajar.



Pasar

Pasar Nanggulan sejatinya secara teritorial masih berada diwilayah Janti, tepatnya Pedukuhan XI Janti Lor, dimana perbatasan antara pedukuhan Janti dengan Pedukuhan Nanggulan ada di sebelah utara pasar. Jalan di sebelah utara Pasar Nanggulan yang membujur dari timur menuju arah barat adalah garis batasnya.



Pemakaman


Dan ketika melihat fungsi makam adalah juga sebagai pengikat emosional pengunjung sekitarnya, maka secara tidak langsung dan tanpa kita sadari sejatinya keberadaan makam ini juga mampu dijadikan sarana antar warga untuk dapat hidup rukun berdampingan.

Kenapa bisa menjadi sarana kerukunan..?


Puskesmas

Secara teritorial keberadaan Puskesmas tak masuk dalam wilayah pedukuhan Janti, baik Janti Lor ataupun Janti Kidul. Karena sejatinya Puskesmas masuk pada wilayah pedukuhan Cuplik-Temanggal Wijimulyo. Hanya saja lantaran letak Puskesmas yang terdapat di pojok perempatan wilayah ujung Janti bagian barat daya inilah, maka sudah sejak dulu banyak orang lebih mengasumsikan bahwa Puskesmas itu sebagai Puskesmas Janti.


[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.