Paguyuban


Paguyuban


Paguyuban
Karang Taruna

Karang taruna digerakkan tentu oleh pemuda. Begitu pula yang ada di wilayah Pedukuhan Janti JatisaronoNanggulanKulon Progo, ada kelompok karang taruna dengan nama Karang Taruna Mekar Janti.

Sejatinya nama karang taruna Mekar Janti ini sudah sejak dahulu kala ada. Dimana segala kegiatan tak jarang juga dipandegani oleh mereka yang masih berjiwa muda dan sangat enerjik itu.




Kelompok Tani

Sehubungan dengan dipetakanya pembangunan pertanian sebagaimana tersebut di atas, dimana pembangunan pertanian itu meliputi pertanian tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, peternakan serta perikanan. 

Maka yang diharapkan tentu adalah agar hak dasar warga masyarakat mampu terpenuhi. Dimana pada wilayah yang masyarakatnya sangat parsipatif tentu tak lagi merasa berpangku tangan pada pihak lain guna memenuhi kebutuhannya sendiri, bahkan kebutuhan warga lain juga.



Seni dan budaya


Sanggar Tari Ngrenas adalah satu dari jenis pelestarian seni dan budaya di wilayah Pedukuhan Janti. Sanggar tari tersebut terbentuk secara swadaya, swakarsa, dan swasembada dibawah asuhan Bapak Sunarto yang sekaligus berprofesi sebagai Guru Tari di SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) Yogyakarta.

Selain sanggar tari, masih ditempat yang sama juga terdapat Paguyuban kesenian Jathilan bernama Bekso Kyai Janti. Ini adalah sebentuk kesenian jathilan atau kuda lumping a.k.a kuda kepang yang ada di wilayah pedukuhan Janti.


[blogger][facebook]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.